Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Meningkatkan Engagement Media Sosial untuk Bisnis

Kompas.com - 15/06/2023, 19:00 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam menggunakan media sosial, diperlukan strategi-strategi khusus untuk dapat menjangkau audiens dengan efektif dan maksimal. Engagement sendiri dapat diartikan sebagai proses interaksi yang terjalin dengan audiens di media sosial.

Semakin tinggi engagement yang dimiliki maka akan memberikan efek yang semakin bagus bagi akun bisnismu. Artinya, ada semakin banyak jumlah audiens yang terlibat di dalam interaksi tersebut dan semakin luas pula akun bisnismu dikenal masyarakat.

Berikut ini tips yang dapat kamu terapkan untuk dapat meningkatkan engagement akun media sosial bisnismu seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Gambar yang berkualitas dan relevan

Ingat bahwa yang paling menarik mata pertama kali saat audiens melihat akunmu adalah profil dan isi konten. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyajikan gambar yang jelas dan sesuai dengan target audiens.

Pastikan gambar yang kamu unggah, tak diblur dan memiliki kualitas yang jernih. Dengan visual yang menarik maka audiens akan lebih tertarik untuk melihat konten yang kamu sajikan.

Pastikan juga antara gambar dan isi caption yang ditulis memiliki keterkaitan satu sama lain. Gambar yang diunggah tentu harus sesuai dengan isi caption yang ditulis.

2. Berikan respon kepada audiens dengan cepat

Menjawab pertanyaan atau membalas komentar audiens di akun media sosialmu dapat meningkatkan engagement karena interaksi terus-menerus terjadi dari kedua pihak.

Baca juga: 8 Cara Membuat Rencana Pemasaran di Media Sosial Lebih Efektif

Ketika kamu memberikan respon yang cepat, biasanya ke depannya audiens akan tetap berinteraksi dengan akun media sosialmu dengan meninggalkan komentar atau pesan pribadi via chat.

3. Buat konten yang sesuai dengan audiens

Kamu juga perlu membuat konten yang berkaitan dengan bisnis dan audiens yang dituju. Jangan melulu memasarkan atau mempromosikan produk karena audiens akan merasa bosan dan tidak tertarik.

Sebagai contoh jika kamu menjual baju-baju perempuan maka kamu dapat membuat konten mix n match outfit untuk pergi ke kampus, atau rekomendasi warna-warna baju yang cocok sesuai dengan skin tone penggunanya.

Konten tips atau rekomendasi dapat menarik audiens untuk terlibat dan melakukan interaksi dengan akun media sosialmu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com