Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Customer Development pada Bisnis, Apa Saja?

Kompas.com - 01/07/2023, 13:03 WIB
Rheina Arfiana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Customer development menjadi salah satu upaya penting yang mesti dilakukan, supaya perusahaan mampu memiliki pelanggan yang loyal.

Menurut Wikipedia, customer development ialah pendekatan yang digunakan perusahaan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk atau layanan berdasarkan kebutuhan dan masalah pelanggan sebenarnya.

Tidak hanya itu, customer development juga memiliki segudang manfaat. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat customer development.

Baca juga: 6 Faktor Penting yang Memengaruhi Customer Journey, Jangan Lewatkan!

1. Meningkatkan pengambilan keputusan

Dengan mengikutsertakan pelanggan potensial dalam rangkaian tindakan pengembangan, perusahaan bisa mengumpulkan informasi penting untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Data dan tanggapan yang didapatkan dari customer development bisa membantu perusahaan dalam mengarahkan usaha mereka secara lebih cermat dan berdasarkan kebutuhan pasar yang sebetulnya.

2. Mengurangi risiko dan biaya

Dengan mengetes dan memverifikasi ide produk atau layanan sejak awal, perusahaan bisa mengurangi risiko kegagalan dan menghindari pengeluaran biaya yang tidak diperlukan dalam pengembangan yang belum teruji.

Baca juga: Tips Membangun Customer Obsession agar Perusahaan Lebih Menonjol

Customer development bisa membantu mengenali kekurangan atau kelemahan yang mesti diperbaiki sebelum mempublikasikan produk secara penuh. Di mana menghemat waktu dan sumber daya menjadi hal penting.

3. Validasi konsep

Customer development bisa membantu perusahaan dalam memvalidasi konsep produk atau layanan, sebelum masuk ke dalam rangkaian tindakan pengembangan dan pemasaran.

Dengan melakukan wawancara dan mengumpulkan tanggapan dari calon pelanggan, perusahaan bisa membuktikan solusi yang ditawarkan mampu memenuhi keperluan dan masalah pelanggan sebenarnya.

4. Membangun hubungan bersama pelanggan

Mengikutsertakan pelanggan dalam rangkaian tindakan pengembangan bisa membangun hubungan secara lebih kuat dengan mereka.

Baca juga: Customer Kecewa dan Marah? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya

Tentunya, hal ini bisa membantu perusahaan membangun basis pelanggan loyal yang merasa terlibat dan dihargai perusahaan.

5. Memahami pelanggan dengan baik

Dengan menggunakan metode customer development, perusahaan bisa mendapatkan informasi mendalam mengenai calon pelanggan mereka. Hal ini termasuk preferensi, kebiasaan, dan tantangan yang dihadapi mereka.

Di mana hal tersebut, bisa memungkinkan perusahaan membuat produk atau layanan yang lebih sesuai dengan keperluan pelanggan dan menaikkan peluang keberhasilan di pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com