Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Eksportir Kopi Makassar Jalin Kerjasama dengan Perusahaan Mesir

Kompas.com - 05/07/2023, 14:25 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sejumlah pelaku usaha Indonesia meneken perjanjian dengan pengusaha dari Mesir di sela-sela Makassar International Halal Trade and Bussiness (Mihrab) Summit & Expo Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) di Makassar, Selasa (4/7/2023).

Salah satu pelaku usaha yang menjalin kerjasama adalah kerja sama antara Haggag Import Company dari Kairo, Mesir dengan tiga perusahaan pemasok kopi yakni PT Kopivolusi Niwa Indonesia, PT HAPINS Indonesia dan PT Kuliner Ika Itahi Muna Ngahiji untuk .

Chairman Haggag Import Company dari Mesir Hassan Haggag menyebut kerja sama yang terjalin terkait impor kopi robusta senilai 5 juta dolar Amerika.

Baca juga: 5 Ide Bisnis untuk Pelajar, Bisa Dicoba untuk Cari Pengalaman dan Cuan

"Kita juga punya potensi kerja sama untuk cengkeh dan kayu manis. Juga kerja sama sawit sebesar 10 juta dolar Amerika," ujar Hassan Haggag.

Hassan mengapresiasi giat yang digelar di Makassar sebab kehadirannya pada Mihrab Expo 2023 menjadi kesempatan pertama ia berkunjung ke Kota Makassar.

"Kegiatan ini keren, mempertemukan saya dengan orang Indonesia dan orang Makassar yang ramah, menyenangkan dan baik hatinya," kata dia.

Ketua Panitia Muhammad Yasin Azis mengemukakan bahwa kegiatan ini juga menjadi bagian dari persiapan menghadapi ancaman resesi yang diinfokan akan terjadi pada akhir 2023 hingga awal 2024.

Meskipun sejumlah peserta yang hadir, kata Yasin, utamanya dari luar Indonesia seperti Thailand, Malaysia dan Mesir mengaku ini tidak perlu terlalu difikirkan.

"Intinya memang kita mengelola usaha secara proporsional, profesional dengan kerja sama yang baik dibarengi penguatan," kata dia.

Plt Sekretaris Provinsi Sulsel Andi Darmawan Bintang menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wahana bagi Saudagar Muslim untuk berkumpul bersama dalam mencapai satu tujuan.

Baca juga: 5 Manfaat Customer Development pada Bisnis, Apa Saja?

"Dengan adanya ikatan ini (ISMI), semua yang punya pemikiran, dia bisa menunjang ke arah situ (peningkatan ekonomi) agar bisa bersama antara pemerintah dan saudagar memulihkan keadaan ekonomi," kata dia.

Adapun perusahaan yang meneken MoU kerja sama di antaranya terkait wisata medis antara Kajang Plaza Medical Center, Malaysia dengan PT Siyar Tamasya Alam Indonesia.

Selanjutnya, kerja sama kolaborasi halal antara The Halal Science Center of Chulalongkorn University Thailand dengan Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, PW Muhammadiyah Sulsel dan Halalan Thoyyibah Center (HTC) Universitas Bosowa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com