Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Inovasi dalam Membangun Usaha

Kompas.com - 12/07/2023, 20:46 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber BDC

KOMPAS.com - Salah satu faktor penting yang membuat usaha atau bisnis bertahan adalah adanya inovasi.

Sayangnya, tak semua pelaku usaha menyadari hal ini, bahkan tak sedikit yang enggan berinvestasi dalam inovasi.

Padahal pada umumnya, pelaku usaha membutuhkan keunggulan untuk bertahan dan menonjol di tengah pasar. Inovasi dapat memberikan keunggulan itu, dengan meningkatkan produktivitas, pertumbuhan, dan profitabilitas.

Baca juga: Cerita Hartoyo Mendirikan Skyn Gym, Hadirkan Inovasi Baru Bisnis Kecantikan

Jangan salah sangka, inovasi tidak harus menjadi terobosan yang mengubah dunia, melainkan adanya peningkatan bertahap dan sederhana dalam perusahaan kamu, termasuk produk.

Berikut adalah empat manfaat nyata yang dapat diberikan inovasi untuk usaha yang kamu bangun.

1. Meningkatkan penjualan dan menjaga hubungan dengan pelanggan

Gagal meningkatkan produk dan layanan, bisa berisiko kehilangan pelanggan, karena pesaing yang lebih inovatif.

Namun, jika kamu menginvestasikan waktu dan uang dalam inovasi, pelanggan akan menyadari dan menghargai nilai ekstra yang kamu berikan kepada mereka, yang nantinya akan berdampak pada lebih banyak penjualan.

Kmau dapat memulainya dengan langkah-langkah sederhana, seperti mensurvei pelanggan secara rutin untuk mengidentifikasi potensi peningkatan produk dan membentuk tim inovasi untuk melihat kemungkinan baru untuk berkembang.

2. Meningkatkan hubungan antar karyawan

Tempat kerja yang inovatif akan merangsang karyawan melakukan hal-hal prositif untuk perusahaan. Menumbuhkan kebanggaan pada produk yang dijual dan juga memiliki keinginan agar perusahaan menjadi pemimpin di industri.

Dengan demikian, selanjutnya akan berdampak pada produktivitas mereka yang meningkat.

Hal itu, pada gilirannya, dapat menghasilkan lebih banyak kesuksesan inovasi karena karyawan seringkali merupakan sumber ide terbaik perusahaan.

Pastikan untuk mendengarkan suara para karyawan. Mintalah umpan balik mereka tentang inovasi di perusahaanmu, termasuk cara meningkatkan produk, pemasaran, dan efisiensi.

Mereka dapat memberikan wawasan yang tak ternilai tentang cara berinovasi.

Baca juga: 4 Alasan Pentingnya Inovasi Saat Merintis Bisnis Kuliner

3. Mengurangi limbah dan biaya

Inovasi dapat membantu mengurangi pemborosan dalam bisnis dan membuat kamu berada pada posisi yang lebih baik untuk fokus pada tujuan jangka panjang.

Para pelaku usaha yang inovatif biasanya menerapkan perubahan efisiensi operasional seperti merampingkan pemrosesan pesanan, menghilangkan kemacetan produksi, hingga mengurangi waktu menganggur mesin.

Tujuannya adalah untuk terus mencari cara untuk menghilangkan limbah. Itu dapat membawa banyak manfaat—biaya lebih rendah, margin keuntungan lebih baik, layanan pelanggan lebih baik, dan daya saing meningkat.

4. Mengantisipasi perubahan

Inovasi dapat membantu mengantisipasi perubahan pasar lebih cepat dan mendahului peluang, sehingga kamu tidak dipaksa untuk bereaksi terhadap perubahan. Ini juga dapat membantu membedakan diri dari kompetisi.

Inovasi semacam itu dapat datang dengan terus menganalisis tren pasar, mendengarkan pelanggan, pemasok, dan penasihat Anda, dan mempelajari apa yang dilakukan pesaing untuk melihat peluang dan memanfaatkannya.

Baca juga: 10 Strategi untuk Melakukan Inovasi Produk

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com