Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tantangan yang Dihadapi Pebisnis, Salah Satunya Berpikir Sukses itu Instan

Kompas.com - 13/07/2023, 17:20 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam menjalankan bisnis, pasti ada tantangan yang akan dihadapi. Tantangan bisa muncul dari eksternal ataupun internal.

Ketika kamu berhasil melewati tantangan, bisnis tentu akan bertumbuh. Tak perlu putus asa karena setiap tantangan pasti menghasilkan jalan dan solusi baru.

Lalu apa saja tantangan saat menjalankan bisnis di Indonesia? Bagaimana cara menghadapinya?

Berikut informasinya seperti dilansir dari Amartha.com.

1. Tak Mendalami Bidangnya

Masalah yang biasa dihadapi oleh para pebisnis di Indonesia adalah tak mendalami bidang bisnis yang digelutinya. Kurang pengetahuan tentu menjadi satu tantangan yang tak bisa disepelekan.

Orang yang mendalami bidang bisnisnya pastinya akan bisa membuat strategi bisnis yang matang. Di sisi lain, ada juga orang yang memulai bisnis hanya karena melihat orang lain mendapat untung besar tapi enggan belajar lebih mendalam.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Makanan Anti-ribet untuk Pebisnis Pemula

Untuk menghadapi hal ini, sebaiknya kamu harus belajar dan terus melakukan riset serta tak segan berdiskusi dengan relasi yang sebidang.

2. Kekurangan Waktu

Manajemen waktu yang buruk sering menjadi tantangan dalam menghadapi bisnis. Apalagi jika bisnis hanyalah bersifat sampingan sehingga seringkali tak diurus dengan baik.

Akibat kekuarangan waktu, bisnis dapat berakhir tak terurus dan mandeg. Dalam menjalankan sebuah bisnis, kamu harus mampu mendedikasikan banyak hal termasuk, uang, waktu dan juga tenaga.

Baca juga: Kesalahan Umum yang Harus Kamu Hindari Sebagai Pebisnis Pemula

Sebagai solusinya, kamu bisa melakukan bisnis dengan partner atau atur manajemen waktu sebaik mungkin agar bisnis tetap dapat beroperasi.

3. Berpikir Bahwa Sukses itu Instan

Salah satu tantangan dalam bisnis adalah mindset yang berpikiran bahwa bisnis itu cepat sukses. Padahal sudah menjadi rahasia umum, tak ada yang terjadi secara instan di dunia ini.

Mindset bisnis cepat sukses seperti ini justru dapat menjadi mental block pada pemilik bisnis untuk mencapai kesuksesan lantaran takut kepada kegagalan.

Baca juga: 4 Kebiasaan Pebisnis yang Sukses, Termasuk Membangun Networking

Contoh tantangan bisnis di era digital berpikir bahwa pasti sukses cepat, jadi ketika bisnis menghadapi kendala malah menjadi down dan mudah menyerah. Untuk mengatasi tantangan dari dalam diri ini, kamu sebagai pemilik bisnis harus yakin pada kemampuan dan potensi.

Terus asah dengan tak berhenti belajar. Jangan sungkan juga untuk belajar pada yang sudah berpengalaman. Pahami bahwa menuju sukses dibutuhkan proses.

4. Kelola Keuangan atau Finansial

Pengelolaan keuangan adalah contoh tantangan bisnis selanjutnya. Pngelolaan keuangan yang buruk yakni tercampur aduknya uang pribadi dan bisnis bisa berujung tak ada perputaran modal.

Modal yang banyak jika tidak didukung dengan manajemen keuangan yang mumpuni juga akan kesulitan terus bertahan.

Baca juga: Pebisnis, Ini Tips agar Tidak Mudah Menjadi Korban Penipuan

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu membuat anggaran dana sejak awal. Membuat laporan harian keluar-masuk dana yang rapi juga. Serta jangan segan untuk merekrut seorang ahli di bidangnya, atau jika perlu mengkonsultasikan strategi finansial kepada konselor bisnis.

Jangan sampai mencampurkan uang pribadi dengan uang usaha. Serta, jangan pernah mengajukan pinjaman modal besar tanpa memperhitungkan segalanya dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com