Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seribu UMKM Binaan Bank Indonesia Tampil di Karya Kreatif Indonesia 2023

Kompas.com - 27/07/2023, 17:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pada gelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023, Bank Indonesia (BI) menampilkan 1.000 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan yang telah naik kelas.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, KKI 2023 ini menampilkan UMKM yang telah berhasil naik kelas, go global dan go digital.

Tak heran dalam gelaran ini, juga memfasilitasi pertemuan 280 UMKM dengan 21 lembaga keuangan, serta 89 business matching ekspor dengan 5 agregator secara nasional.

Baca juga: KemenKopUKM Minta Komitmen Tiktok Pastikan UMKM Dapat Perlakuan Adil

Selain itu, KKI 2023 juga menyelenggarakan kegiatan Pesona Kriya Nusantara yang menampilkan 45 UMKM kopi binaan.

Kegiatan KKI 2023 yang digelar pada tanggal 27-30 Juli 2023 di Jakarta Convention Center, mengangkat tema Badarau Nusantara, terinspirasi dari keindahan budaya Kalimantan dan memiliki arti berkolaborasi mendorong semangat kebaruan dan inovasi UMKM di seluruh Nusantara.

Sebanyak 300 UMKM ditampilkan secara daring dan 800 UMKM dihadirkan secara luring melalui website KKI.

Baca juga: Warisan Roemah Indonesia di Beijing, Pusat Promosi Budaya hingga Produk UMKM

Melansir Antara, Kamis (27/7/2023), di samping mitra UMKM binaan BI, KKI tahun ini juga menghadirkan UMKM dari Kementerian Perindustrian, Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Gubernur BI mengimbau masyarakat yang akan bertransaksi di KKI 202,3 untuk tidak menawar harga produk UMKM dengan harga yang lebih rendah, demi mendukung kemajuan UMKM Nusantara.

"Ingat, 80 persen dari 65,5 juta UMKM adalah para ibu-ibu yang bekerja dengan niat menyejahterakan keluarganya dan menyekolahkan anak-anaknya. Jadi, kalau membeli produk UMKM, jangan menawar ke bawah, tapi tawar ke atasnya," pungkas Perry.

Baca juga: Dukung Perkembangan UMKM, Pemkab Mimika Permudah Izin Usaha

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com