Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Keterampilan Pelaku UMKM, DinKopUKM Aceh Gelar Pelatihan Menjahit

Kompas.com - 24/07/2023, 21:06 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebagai upaya meningkatkan keterampilan dalam mengembangkan usaha, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Aceh menggelar pelatihan menjahit.

Pelatihan ini diikuti oleh 28 peserta yang berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Aceh Saiful Bahri mengatakan, kegiatan bimbingan teknis (bimtek) tersebut diadakan, agar wirausaha pemula memiliki keterampilan dasar untuk dapat membuka usaha.

Baca juga: Dorong 1.600 Orang Jadi Pengusaha Pemula, DinKopUKM Aceh Bantu Peralatan Kerja

“Pelatihan menjahit tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para wirausaha pemula, agar memiliki kemampuan yang standar untuk bisa menghasilkan hasil yang berkualitas, khususnya dalam bidang menjahit,” kata Saiful seperti dikutip dari Antara, Senin (24/7/2023).

Ia menambahkan, tujuan akhir pelatihan ini yakni untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi masyarakat provinsi Aceh, dari sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Kami berharap dengan kegiatan bimtek ini bisa meningkatkan usaha para peserta, dari usaha mikro bisa tumbuh berkembang menjadi usaha besar. Sehingga dengan begitu, dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi," katanya.

Baca juga: Percepat UMKM Naik Kelas, DinKopUKM Yogyakarta Tingkatkan Kompetensi Tenaga Pendamping

Apalagi, ia menilai sektor UMKM memiliki peluang besar di era globalisasi saat ini. Maka dari itu, sangat diharapkan para UMKM mampu menguasai dan berkompetisi dengan pelaku-pelaku usaha lainnya.

"Bimtek ini memberikan manfaat bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, keuntungan dan efektivitas bagi para peserta," ujar Saiful.

Sementara itu, Desi Puspita, peserta Bimtek dari Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara mengatakan, dirinya mengikuti kegiatan tersebut untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang menjahit dan mengembangkan usahanya.

"Saya berharap dengan kegiatan bimtek ini dapat meningkatkan UMKM di Aceh, sehingga pertumbuhan ekonomi juga dapat meningkat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com