Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samudera Expo 2023 Jadi Ajang Promosi Produk UMKM Lokal Aceh

Kompas.com - 25/07/2023, 21:53 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh mengapresiasi terselenggaranya Samudera Expo 2023, yang berlangsung pada 24-29 Juli 2023 di Monumen Islam Samudera Pasai, Desa Beuringen Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

Acara ini diharapkan dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat Aceh Utara dan mampu menjadi penyangga ekonomi Aceh maupun ekonomi nasional, karena menjadi ajang mempromosikan produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal.

Pj Bupati Aceh Utara Mahyuzar mengatakan, penyelenggaraan pameran tersebut menjadi salah satu ajang yang baik bagi para pelaku usaha maupun desa untuk memperkenalkan dan memamerkan potensi yang dimiliki, sehingga produk usaha dan potensi desa dapat diperkenalkan kepada masyarakat yang lebih luas.

Baca juga: Bank Indonesia Perwakilan Sulsel Jadikan Bengok Kraft jadi Contoh Produk UMKM Ekspor

Ia juga berharap, keberadaan UMKM, baik yang dikelola oleh masyarakat maupun oleh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan geliat perekonomian daerah.

"Kegiatan ini diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran dan menekan angka kemiskinan, terutama pada masa pemulihan ekonomi seperti saat ini," kata Mahyuzar seperti dikutip dari Antara, Selasa (25/7/2023).

Di sisi lain, penyelenggaraan Expo tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing para pelaku usaha, baik dari sisi produk, inovasi, pemasaran, dan faktor lainnya.

Dengan demikian, para pelaku usaha memiliki kesadaran untuk terus meningkatkan keterampilan diri dengan berbagai terobosan dalam mengembangkan bisnis.

“Para pelaku UMKM harus mampu beradaptasi dalam menghadapi situasi sulit, harus jeli melihat peluang dan gesit melakukan inovasi. Saya harap pelaksanaan kegiatan ini mampu mendorong para pelaku UMKM untuk terus mengembangkan diri melalui cara-cara yang lebih kreatif," ujarnya.

Selain pameran UMKM, ajang ini juga menggelar lomba baca puisi, pagelaran budaya Rapai Pasee, berbagai tarian, tersedia berbagai macam kuliner, hingga Musabaqah Tilawatil Quran.

Baca juga: Warisan Roemah Indonesia di Beijing, Pusat Promosi Budaya hingga Produk UMKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com