Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Endorsement, Strategi Marketing Kekinian yang Efektif

Kompas.com - 30/07/2023, 11:40 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Dalam dunia bisnis, persaingan akan selalu ada. Bahkan di tengah perkembangan teknologi saat ini, persaingan bisnis justru semakin ketat. Setiap pelaku bisnis pun dituntut untuk bisa menemukan strategi pemasaran yang tepat agar produknya mampu bersaing dengan yang lain.

Salah satu strategi pemasaran yang kini banyak dilirik pelaku usaha adalah endorsement atau endorse. Langkah ini dianggap mampu meningkatkan brand awareness atau kesadaran masyarakat atas merek kita dan ampuh menarik minat pasar.

Endorsement merupakan bentuk promosi atau iklan yang menggunakan sosok dengan pengaruh besar, terutama di media sosial. Sosok tersebut bisa tokoh masyarakat, selebriti, maupun sosok yang memiliki kredibilitas di bidangnya yang dikenal secara luas.

Dari endorsement diharapkan mampu meningkatkan engagement bisnis yang dipromosikan, sehingga impact-nya bisa membuat penjualan meningkat.

Iklan endorse merupakan strategi pemasaran yang terbilang masih baru, namun kepopulerannya melesat dengan cepat beberapa tahun belakangan. Ini karena strategi ini terbilang sangat efektif, sehingga banyak pemilik bisnis yang mau membayar mahal untuk layanan endorsement.

Setiap strategi marketing tentu memiliki kelebihan masing-masing, tak terkecuali dengan endorse. Cek lima keuntungan menarik yang bisa diperoleh pelaku usaha dengan menggunakan endorse dalam bisnisnya berikut ini dari Cermati.com:

1. Membangun Kredibilitas Bisnis

Manfaat yang pertama melakukan endorse adalah untuk membangun kredibilitas bisnis. Masyarakat cenderung lebih mempercayai dan melihat sosok yang mengiklankan suatu produk.

Ketika publik figur tersebut bisa menunjukkan apa saja kelebihan dari produk tersebut, maka kredibilitas akan mulai terbangun dari sini. Ini sama halnya dengan membangun kepercayaan terhadap suatu brand produk atau layanan tertentu.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Selanjutnya, manfaat dari menggunakan endorse untuk bisnis adalah membantu membangun kesadaran merek atau brand awareness. Hal ini membantu produk menjadi lebih menonjol dan mudah diingat oleh target pelanggan.

Langkah ini akan sangat membantu barang maupun jasa yang akan ditawarkan menjadi lebih dikenal, sehingga banyak yang akan mencarinya. Dengan begitu, ini akan memudahkan untuk menerapkan strategi pemasaran selanjutnya.

3. Menaikkan Traffic Media Sosial dan Website Bisnis

Dengan munculnya postingan yang berisi iklan endorse di beranda media sosial milik influencer, kemungkinan besar ini akan membuat pengikutnya menjadi penasaran. Sehingga mereka akan mulai mencari tahu informasi terkait dengan mengunjungi media sosial atau website milik Anda.

Keingintahuan mereka inilah yang menyebabkan traffic media sosial dan website bisnis mengalami peningkatan. Hal ini artinya peluang penjualan juga akan mengalami kenaikan.

Baca juga: Ini Cara Digital Marketing dalam Meningkatkan Bisnis

4. Mendongkrak Penjualan

Ketika produk atau layanan jasa Anda muncul di beranda media sosial influencer tersebut, pengikut mereka tentu akan melihatnya. Pengikut yang tertarik akan mulai berkomentar dan mencari tahu tentang produk tersebut, bahkan akan membelinya.

Hal ini kemudian akan berimbas pada peningkatan penjualan produk atau layanan yang dipromosikan. Karena memang biasanya influencer menjadi trendsetter bagi pengikutnya. Untuk itulah, pastikan untuk memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan produk Anda.

Sebab, ada beberapa influencer yang memang fokus dengan niche (target pasar tertentu), seperti makanan, makeup, traveling dan sebagainya. Agar strategi marketing ini lebih efektif, maka sesuaikan influencer dengan produk atau layanan jasa yang ingin dipromosikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com