Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sumber Daya yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis

Kompas.com - 24/07/2023, 20:13 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Pada dasarnya siapa saja bisa memulai bisnis. Tetapi, membangun bisnis yang terus berkembang dan sukses tidaklah mudah.

Sebagai langkah awal, ada lima sumber daya yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis yang mampu bertahan di tengah pasar.

Berikut ini adalah lima sumber daya yang harus tersedia saat Anda memulai bisnis, untuk menjadi fondasi bisnis yang kuat dan sukses.

Baca juga: 7 Tips Memulai Bisnis Digital Agar Bisa Lebih Awal Hasilkan Cuan

1. Komitmen Penuh

Semua pengusaha yang sukses memiliki komitmen penuh pada usaha bisnis mereka. Anda pun harus melakukan hal yang sama.

Anda harus mencurahkan jiwa dan raga Anda ke dalam bisnis yang Anda bangun, dengan benar-benar percaya pada produk atau layanan yang Anda miliki.

Selain itu juga harus mempersiapkan diri untuk bekerja berjam-jam, untuk menyelesaikan semua tugas yang diperlukan dalam mengembangkan dan memertahankan bisnis.

Jika Anda berpikir menjadi seorang pengusaha berarti memiliki banyak wkatu luang, Anda salah. Justru ketika Anda memutuskan mulai emmbangun bisnis, Anda harus siap berkorban, seperti tidak memiliki hari libur atau bahkan tidak menerima gaji hingga kondisi keuangan bisnis lebih stabil.

Sebagai pelaku usaha, Anda harus memiliki pola pikir yang berbeda dengan karyawan. Apalagi, tak akan ada yang memberikan fasilitas finansial untuk Anda, seperti uang tunjangan dan pensiun, kecuali Anda membayarnya sendiri.

2. Memiliki Pengetahuan Bisnis

Sangat penting memiliki pengetahuan bisnis sebelum Anda memulai bisnis. Pasalnya, banyak orang yang mencoba memulai bisnis tanpa memiliki pengetahuan bisnis yang mereka butuhkan dan akibatnya, bisnis mereka gagal.

Hal ini sama seperti saat Anda mengerjakan hal lain. Ketika Anda masuk dalam bidang kerja tertentu, tapi tak memiliki pengetahuan tentangnya, maka sudah pasti Anda kebingungan.

Begitu juga untuk memulai bisnis, Anda harus memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek bisnis dan memiliki berbagai keterampilan, atau mempekerjakan orang yang memiliki keterampilan yang tidak Anda miliki.

Jika Anda tidak cukup berpengetahuan tentang akuntansi untuk membuat pembukuan sendiri, misalnya, maka Anda harus merekrut seorang akuntan.

Jika bisnis Anda berbasis internet dan Anda bukan ahli dalam pengembangan situs web, sebaiknya Anda menyewa jasa perusahaan IT untuk mendesain dan mengelola situs web Anda.

Saat Anda membuat rencana bisnis, salah satu langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menilai kemampuan dan keahlian Anda secara jujur. Aspek bisnis mana yang Anda kuasai dan mana yang memerlukan informasi atau meminta bantuan dari luar?

Baca juga: 7 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Mulai Bisnis Keluarga

3. Keinginan Sukses hingga Tekad yang Kuat

Untuk menciptakan bisnis yang menguntungkan dan bertahan lama, Anda juga harus menjadi seseorang yang memiliki keinginan untuk sukses, yang dibarengi dengan dorongan, disiplin, dan tekad yang kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com