Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadirkan Wajah-wajah Baru UMKM, Omzet Pasar Kreatif Bandung 2023 Capai Rp 6,7 Miliar

Kompas.com - 01/08/2023, 19:46 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pasar Kreatif Bandung 2023 yang telah berlangsung sejak 30 Juni 2023, tercatat hingga akhir Juli 2023 mencapai omzet Rp 6,7 miliar.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengungkapkan, jumlah tersebut merupakan akumulasi dari gelaran Pasar Kreatif yang dilangsungkan secara bergiliran di empat titik yakni Bandung Indah Plaza, Trans Studio Mall, Cihampelas Walk, dan Paris Van Java.

Omzet Rp6,7 miliar ini, dikatakan Elly, belum termasuk penjualan di 23 Paskal, yang baru berlangsung tiga hari.

Baca juga: Produk UMKM Makanan Olahan Mie Telur dari Sidoarjo Tembus Pasar Luar Negeri

“Setelah 23 Paskal, masih ada dua titik lagi di Kings Shopping Center dan Festival Citylink," ujar Elly di Bandung, seperti dikutip dari Antara, Selasa (1/8/2023).

Elly berharap, capaian omzet Pasar Kreatif Bandung 2023 bisa melampuai omzet tahun lalu. Apalagi, antusiasme masyarakat di akhir pekan luar biasa.

Lebih lanjut, Elly menyebutkan bahwa Pasar Kreatif Bandung 2023 menampilkan 42 persen wajah baru pelaku UMKM asal Kota Bandung, yang terpilih berdasarkan kurasi ketat.

Selain itu, ada pula sekitar 15 persen wajah-wajah lama atau pelaku UMKM yang konsisten mengikuti Pasar Kreatif sejak pertama digelar.

"Wajah-wajah lama ini merupakan jenama (merek) UMKM yang sudah stabil, sehingga diharapkan dapat menggandeng para pelaku UMKM baru," ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna yang meninjau kegiatan Pasar Kreatif, menyampaikan apresiasinya dan mengaku bangga produk UMKM Kota Bandung dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan zaman.

Baca juga: Pemerintah Biak Numfor Yakini Produk UMKM Daerahnya Bisa Tembus Pasar ASEAN

"Rancangan, paduan warna, inovasi produk dari mereka sudah luar biasa. Saya dengar juga di sini ada salah satu produk jam yang telah menjadi suvenir pada acara G20. Saya atas nama pemkot mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara, termasuk pihak mal yang memfasilitasi pelaku UMKM Bandung menjual produknya," ujar Ema.

Sebgai informasi, Pasar Kreatif Bandung adalah sebuah kegiatan yang diadakan oleh Disdagin Kota Bandung bekerja sama dengan Dekranasda Kota Bandung dengan dukungan dari APPBI dan Bank BJB yang sudah diadakan sejak tahun 2020.

Bagi Anda yang tertarik berkunjung, Pasar Kreatif Bandung 2023 digelar di:

1. Bandung Indah Plaza, 30 Juni - 9 Juli 2023;
2. Trans Studio Mall, 14 - 23 Juli 2023;
3. Cihampelas Walk, 14 - 23 Juli 2023;
4. Paris Van Java, 21 - 30 Juli 2023;
5. 23 Paskal, 28 Juli - 6 Agustus 2023;
6. The Kings Shopping Center, 4 - 13 Agustus 2023;
7. Festival Citylink, 11 - 20 Agustus 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com