Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didukung PTBA, Petani di Lampung Ini Berhasil Kembangkan Usaha ke Peternakan

Kompas.com - 07/08/2023, 15:17 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Sejumlah petani di Desa Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Lampung berhasil melakukan budidaya padi dengan hasil maksimal seiring dengan dukungan dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Salah satu petani yang berhasil memaksimalkan produksi padi adalah Salamun yang merintis budi daya padi sejak 1990-an. Sebelum menjadi binaan PTBA, Salamun hanya memperoleh keuntungan kotor Rp 15 juta per hektare karena keterbatasan modal.

Kemudian pada 2020, Salamun bergabung menjadi mitra binaan PTBA dan menerima pinjaman dari program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK). Bantuan tersebut terutama digunakan untuk memenuhi kebutuhan pupuk dan obat-obatan sehingga pertumbuhan dan kualitas padi bisa maksimal.

Baca juga: 7 Contoh Bisnis Pertanian, Cocok untuk Para Milenial

Setelah mendapat bantuan dari PTBA, penghasilan Salamun meningkat. Ia dapat memperoleh keuntungan bersih sebesar Rp 35 juta per hektar.

"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PTBA yang telah memberikan bantuan usaha, sehingga dapat meningkatkan keuntungan usaha dalam bidang pertanian padi," kata Salamun dalam keterangannya, Senin (7/8/2023).

Kembangkan Peternakan Sapi

Atas keberhasilan tersebut, Salamun kini juga dapat mengembangkan usahanya di bidang peternakan sapi. Awalnya ia membeli sepasang sapi jenis Sapi Bali. Seiring berjalannya waktu, peternakan sapi tersebut makin berkembang.

Tahun lalu, Salamun sudah pernah menjual anakan/bakalan sapi seharga Rp 8 juta per ekor. Saat ini ia sudah memiliki 5 ekor sapi.

Baca juga: 5 Prinsip Hidup Orang yang Sukses, Bisa Ditiru!

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Suherman mengungkapkan, sepanjang 2022 pihaknya telah menyalurkan dana Program PUMK kepada 109 Mitra Binaan yang berasal dari sektor industri, perdagangan, perikanan, perkebunan, pertanian, peternakan, dan jasa.

"PTBA juga telah melakukan berbagai upaya pembinaan dan pelatihan untuk UMK, di antaranya kegiatan pengawasan dan pelaporan, pelatihan dan pembinaan dalam rangka peningkatan kapasitas UMK Binaan, fasilitasi dalam promosi produk, serta studi banding ke UMK yang telah sukses," tutup Suherman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com