Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Luncurkan "Entrepreneur Hub" untuk Kembangkan Ekosistem Wirausaha

Kompas.com - 11/08/2023, 14:54 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

SOLO, KOMPAS.com – Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan aplikasi dan program untuk pengembangan ekosistem wirausaha, yakni Entrepreneur Hub, Jumat (11/8/2023).

Entrepreneur Hub diarahkan sebagai medium kolaborasi berbagai pihak untuk mengembangkan kewirausahaan di Indonesia dalam rangka menumbuhkan wirausaha mapan dengan usaha yang inovatif dan berkelanjutan.

Hadir dalam acara peluncuran ini, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, serta dipandu oleh entrepreneur muda, Putri Tanjung.

Baca juga: Libatkan 300 UMKM, UMKM Nasional Expo Digelar di Solo

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan pemerintah memiliki target untuk meningkatkan rasio wirausaha di Indonesia menjadi 4 persen pada 2024, dari saat ini di kisaran 3,47 persen. Untuk itu, perlu strategi khusus agar target tersebut bisa tercapai.

“Kami di Kementerian Koperasi dan UKM saat ini telah menggandeng berbagai pihak, seperti pembiayaan, modal ventura, kampus hingga inkubator kampus untuk membantu pertumbuhan wirausaha. Karena itu, perlu sebuah platform untuk bisa mempertemukan berbagai ekosistem yang lebih besar guna mendorong rasio kewirausahaan di Indonesia,” kata Teten di sela-sela peluncuran.

Menteri Koperasi dan UKM menjelaskan bahwa pertumbuhan wirausaha di Indonesia memiliki peluang yang cukup besar seiring dengan langkah Presiden Joko Widodo untuk menjalankan dua strategi besar dalam perekonomian nasional, yaitu mencari substitusi impor serta hilirisasi sumber daya alam.

Dua strategi tersebut akan membuka peluang bagi para pelaku usaha lokal memanfaatkan pasar yang terbuka. Karena itu, perlu kerja sama dari berbagai pihak agar opportunity tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh UMKM.

Baca juga: 4 Ide Konten untuk Promosi Produk di Tiktok

Sebagai aplikasi yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UKM, Entrepreneur Hub memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai one stop service, yang memudahkan pelaku usaha memulai dan menumbuhkan usahanya. Kemudian platform ini sebagai pusat data wirausaha yang memungkinkan pelaku usaha memperoleh treatment yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, program Entrepreneur Hub juga membuka kesempatan UMKM berkonsultasi dengan mentor-mentor professional secara online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com