Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Sukses Untung Berlimpah Dari Rumah Dengan Usaha Ikan Hias

Kompas.com - 11/09/2023, 15:00 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Jakarta,KOMPAS.com – Usaha ikan hias merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan karena permintaan terhadap ikan hias setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya komunitas pecinta ikan hias di berbagai kota.

Bisnis ini sangat menyenangkan jika kamu memiliki hobi memelihara ikan hias. Kamu dapat menekuni hobi sekaligus menjalankan bisnis.

Kepopuleran ikan hias juga dapat dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai ikan hias.

Baca juga: Terus Bertambah, Jumlah UMKM Binaan Jakpreneur Sentuh Angka 367.769

Bukan hanya itu, kamu juga bisa melakukan usaha ini di rumah dan kamu hanya membutuhkan modal Rp 1 juta saja tergantung jenis ikan hias yang kamu jual.

Tertarik untuk memulai usaha ikan hias? Simak kiat sukses berikut ini untuk memulai usaha ikan hias seperti yang telah dirangkum pada buku yang berjudul Sukses Bisnis Modal Dengkul karya Miftahul A’la:

1. Tentukan Target Pasar

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai bisnis ini yaitu menentukan target pasar. Kamu dapat menentukan target pasar mulai dari jenis kelamin, usia, tempat tinggal, pekerjaan, gaya hidup, dan hobi.

Baca juga: Cerita Satrio Membangun Bisnis Ketapel hingga Ekspor ke Manca Negara

2. Pilih Model Bisnis Yang Sesuai

Kamu harus menentukan model usaha yang ingin kamu jalankan. Sebagai contoh apakah ikan hias dijual di rumah melalui online, berkeliling menggunakan sepeda motor, menjual ke reseller, atau membuka toko usaha sendiri.

Tentukan model bisnis sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jika modal yang kamu miliki terbatas, kamu dapat menjalankan usaha ini secara sederhana di rumah.

3. Tentukan Jenis Ikan Hias

Ikan hias yang populer di pasaran ada dua jenis, yaitu ikan hias air laut dan air tawar. Keduanya memiliki habitat masing-masing, sehingga perawatannya pun berbeda. Jadi sesuaikan jenis ikan hias dengan modal yang kamu miliki.

Baca juga: Regulasi Ekspor Produk Tekstil ke Korea Selatan, Pelaku UMKM Perlu Tahu

Ada beberapa jenis ikan hias yang memiliki permintaan tinggi di Indonesia, seperti ikan koi, cupang, mas koki, louhan, gupi, clownfish atau ikan badut, ikan arwana, ikan discus, ikan manfish, dan ikan hias lainnya.

4. Tingkatkan Pengetahuan Mengenai Ikan Hias

Memulai usaha ikan hias ini terbilang susah-susah gampang karena diperlukan pemahaman dan keahlian seputar perawatan ikan hias. Ini karena setiap jenis ikan hias memiliki perawatan yang berbeda.

5. Sediakan Peralatan yang Dibutuhkan

Kamu harus menyediakan peralatan yang dibutuhkan untuk merawat ikan hias yang akan kamu jual, seperti akuarium, aerator, pakan atau pelet ikan, jaring, tanaman air, dan lain sebagainya.

Baca juga: Kisah Sukses Khalid, Bisnis Produk Herbal Bermodal Uang Pesangon PHK

6. Jual Produk Lainnya

Kamu dapat menjual ikan hias sekaligus produk lain yang dibutuhkan untuk perawatan ikan hias, seperi pakan atau pelet ikan, jaring, obat ikan, aerator, hingga akuarium.

Dengan kamu menjual produk sampingan, ini akan menambahkan pendapatan usahamu.

7. Menjual di platform khusus

Saat ini, facebook dan instagram tidak diperbolehkan untuk menjual hewan peliharaan. Karenanya, kamu dapat memanfaatkan platform khusus untuk menjual ikan hias seperti Ikanesia dan Satuair.

Baca juga: Trik Jitu Meraup Cuan dari Memulai Usaha Bakso

8. Berjualan di Online

Untuk menambah jangkauan konsumen yang lebih luas, kamu dapat berjualan ikan hias di online shop seperti, shopee, lazada, tokopedia, blibli, olx, dan online shop lainnya.

Selain itu, kamu harus memikirkan pengemasan yang sesuai untuk memastikan keamanan ikan hias sampai ke tangan customer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com