Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mudah Memulai Usaha Sosis Bakar

Kompas.com - 15/09/2023, 19:00 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagian masyarakat Indonesia menyukai makanan sosis. Ini karena sosis menjadi makanan instan yang dapat diolah dan dinikmati dengan cara dibakar, digoreng, atau dimakan langsung.

Selain itu, sosis ini menjadi makanan yang disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak bahkan orang tua pasti menyukai makanan yang satu ini. Ini karena memiliki harga yang terjangkau dan ramah di kantong.

Di zaman sekarang, sosis juga muncul dengan beraneka ragam bahan olahan, seperti sosis sapi, sosis ayam, sosis udang, sosis ikan, dan banyak jenis sosis lainnya.

Baca juga: 6 Cara Sukses Membuka Kafe Susu Untuk Pelaku UMKM

Bukan hanya itu, pengolahan sosis juga sangat mudah sehingga banyak calon pebisnis yang tergiur dengan bisnis ini.

Tertarik dengan Usaha Sosis Bakar? Simak tips berikut ini seperti yang telah dirangkum pada buku yang berjudul Sukses Bisnis Modal Dengkul karya Miftahul A’la.

1. Modal Sedikit

Dalam memulai usaha sosis bakar, kamu hanya membutuhkan sebuah gerobak, kompor gas, alat untuk menggoreng atau membakar, dan peralatan lain seperti pisau, kuas, gunting, dan berbagai alat lainnya.

Baca juga: 6 Kiat Sukses Membangun Usaha Studio Senam

Kamu dapat mematok harga yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatan dan penambahan varian rasa, kamu dapat mematok harga mulai dari Rp5.000 hingga Rp15.000.

Kamu hanya membutuhkan modal kurang dari Rp1 juta sudah bisa memulai bisnis sosis ini.

2. Perbanyak Variasi Bumbu

Kamu juga dapat memperbanyak aneka macam bumbu agar sosis yang kamu jual bisa semakin banyak peminatnya. Jadi konsumen mendapat pilihan yang lebih banyak dan dapat experience yang luas biasa pastinya.

Baca juga: Jual Cendera Mata Khas Banyuwangi, Ibien Raih Pesanan dari Luar Negeri

3. Pilihlah Lokasi Usaha yang Ramai

Bisnis kuliner membutuhkan lokasi usaha yang ramai. Karenanya, kamu dapat memilih lokasi di pusat keramaian, seperti sekolahan, kampus, kantor, pasar, street food, dan di pinggir jalan.

4. Lakukan Promosi

Harga jual sosis bakar berkisar diantara Rp 5.000 hingga Rp 15.000. Kamu dapat memberikan beragam promosi untuk dapat meningkatkan penjualan kamu. Dalam pembukaan pertama kamu dapat memberikan diskon harga sosis bakarmu.

Baca juga: 4 Tips Sukses Buka Usaha Salon

5. Manfaatkan Penjualan Online

Kamu juga dapat bergabung menjadi penjual di berbagai aplikasi ojek online yang memiliki fitur makanan. Dengan penjualan online, kamu bisa menjangkau calon pembeli lebih banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com