Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Strategi Meningkatkan Penjualan Bagi Pelaku UKM

Kompas.com - 21/09/2023, 16:52 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pertumbuhan penjualan adalah sumber kehidupan dari setiap bisnis maupun usaha yang sukses.

Untuk mencapai pertumbuhan penjualan yang konsisten memerlukan kombinasi perencanaan strategis, pemasaran yang efektif, layanan pelanggan yang unggul, dan adaptasi terhadap dinamika pasar yang terus berubah.

Berikut ini adalah rangkuman strategi efektif untuk meningkatkan penjualan bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) seperti dilansir dari Glints.

1. Menambah rangkaian produk

Strategi yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menambahkan rangkaian produk.

Baca juga: 11 Strategi Ampuh Meningkatkan Pemasaran Bisnis Waralaba

Tambahan rangkaian produk yang dimaksudkan di sini adalah kamu menyediakan produk baru yang sifatnya menjadi produk pelengkap dari produk utama yang sudah kamu hasilkan.

Misalnya kamu adalah seorang pemilik counter handphone, maka produk yang bisa kamu tambahkan berupa casing handphone, headset, tas laptop, dan aksesoris gadget lainnya.

Dengan menambahkan produk seperti itu, konsumen akan merasa puas dan memungkinkan mereka untuk datang kembali ke toko mu dan meningkatkan customer loyalty.

2. Memperluas jaringan penjualan

Strategi ini adalah salah satu hal yang sangat bisa dimanfaatkan di masa digitalisasi seperti sekarang. Kamu bisa berjualan melalui beragam platform online yang kini tersedia.

Baca juga: 8 Strategi Marketing Ampuh untuk Pemula dan Bisnis Ritel

Dengan memperluas jaringan penjualan, kamu juga bisa meningkatkan jumlah penjualan dan menambah konsumen baru yang asalnya dari seluruh Indonesia.

Perlu diingat, kamu juga harus melakukan market research untuk bisa meraih audiens yang berpotensi menjadi pelangganmu.

3. Fokus pada keunggulan usaha

Inovasi memang dapat mendatangkan keuntungan, tetapi jangan melupakan keunggulan dari usaha yang kamu jalani sekarang. Hal ini karena inovasi membutuhkan waktu dan tenaga lebih banyak untuk mencapai targetnya.

Baca juga: 5 Tips Sukses Mendulang Cuan dari Bisnis Kerajinan Tangan

Tak ada salahnya untuk bisa berfokus pada kekuatan usahamu. Caranya dengan menjalani usahamu secara optimal agar konsumen selalu puas dan membuka peluang perluasan jangkauan penjualan.

4. Strategi penetapan harga

Pendapatan sangat penting bagi pelaku usaha. Diskon atau promosi dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Ini adalah indikator kunci kemampuan perusahaan untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dan dapat meningkatkan profitabilitas, pangsa pasar, dan kesuksesan bisnis secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com