Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sediakan Makanan bagi Pekerja Pelabuhan, Terminal Teluk Lamong Luncurkan UMKM Drive Thru

Kompas.com - 22/11/2023, 08:03 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Anak usaha PT Pelindo (Persero) yakni PT Terminal Teluk Lamong, Surabaya, menggandeng UMKM di sekitar terminal peti kemas yang dioperasikan perusahaan untuk menjadi merchant fasilitas UMKM Drive Thru.

UMKM Drive Thru ini akan menyediakan kebutuhan makan dan minum bagi sopir truk dan pekerja pelabuhan.

Di UMKM Drive Thru ini, pedagang menyediakan makanan dan minuman yang telah dikemas sehingga pembeli tidak perlu menunggu lama dan bisa langsung dibawa sembari melanjutkan pekerjaan.

Baca juga: Pemkot Pekalongan Bantu Kurasi Puluhan Produk UMKM agar Tembus Retail Modern

Direktur Operasi dan Teknik PT Terminal Teluk Lamong (TTL), Kalbar Yanto mengatakan bahwa program UMKM Drive Thru ini merupakan langkah penting sebagai wujud tanggung jawab perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Adanya UMKM Drive Thru ini sangat membantu sopir truk dan petugas operasional lapangan sebagai tempat untuk membeli makanan dan minuman yang mudah dijangkau. Program ini akan kami evaluasi untuk kemungkinan pengembangan UMKM Drive Thru di area operasional lainnya" ujar Kalbar Yanto dalam keterangan resminya, Selasa (21/11/2023).

Menurutnya, TTL berkolaborasi dengan Perkumpulan Komunikasi Warga (Perkom) untuk mengembangkan UMKM. Pengembangan program ini selain memberikan dampak peningkatan kesejahteraan masyarakat juga akan meningkatkan sense of belonging masyarakat terhadap TTL.

Kalbar Yanto berharap program ini dapat mendukung pemberdayaan masyarakat, pengembangan potensi lokal dan pertumbuhan ekonomi serta mendukung adanya kolaborasi positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: 7 Kiat Sukses Bisnis Jasa Pembuatan Desain Kemasan Makanan dan Minuman

Saat ini terdapat 12 UMKM dari wilayah sekitar perusahaan yang terlibat dan telah mendapatkan pendampingan dari TTL.

Wakil perkumpulan komunikasi warga, Kholik, program UMKM Drive Thru ini dirasa sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan penciptaan lapangan kerja.

"Terima kasih kepada Terminal Teluk Lamong karena telah mensupport masyarakat melalui program CSR-nya. kedepan kami mengharapkan adanya pendampingan untuk peningkatan skill penjual dan teknik berjualan agar lebih berkembang" tutur kholik.

Sebelumnya TTL telah memiliki program yang berkelanjutan terkait UMKM, seperti UMKM Kantin yang sejak dilaunching tahun 2022 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com