Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Jakarta Jadi Pusat Ekonomi Kreatif, KE JKT Gelar FuturaConnectiva 2023

Kompas.com - 23/11/2023, 16:22 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setelah keputusan Pemerintah Pusat untuk memindahkan ibu kota negara, Jakarta bersiap untuk mengukuhkan posisinya sebagai pusat ekonomi kreatif yang berkembang pesat.

Diaz Hensuk selaku Ketua Komite Ekraf Jakarta mengungkapkan, pemindahan ibu kota telah membuka jalan bagi Jakarta untuk mengarahkan perhatiannya pada pengembangannya sebagai kota bisnis global, yang didasarkan pada keberagaman budaya dan ekonomi kreatif.

Oleh karena itu, Komite Ekraf Jakarta (KE JKT) menggelar forum bisnis ekonomi kreatif, FuturaConnectiva2023, sebagai upaya mewujudkan komitmennya dalam memajukan sektor ekonomi kreatif.

Baca juga: Genjot Desa Ekspor, Pemprov Jatim dan Bank Jatim Gandeng LPEI

Forum ini didukung penuh oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta dengan membawa dua tema besar, yaitu sustainability in creative economy dan rising stars in creative economy yang diselenggarakan pada 21 hingga 22 November 2023 di Distrik Seni Sarinah Lantai 6 Jakarta.

“Peran penting pelaku ekonomi kreatif dalam mengukuhkan Jakarta sebagai salah satu kekuatan ekonomi kreatif yang mendunia, menandai langkah maju dalam pembangunan kota yang berorientasi pada inovasi dan konektivitas global,” ungkap Kepala Dinas Parekraf Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata dalam siaran pers yang diterima Kompas.com pada Kamis (23/11/2023).

Forum FuturaConnectiva 2023 diharapkan menjadi wadah yang bisa memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif untuk belajar, membangun jejaring, dan berkolaborasi lintas sektor.

Baca juga: BRILIANPRENEUR 2023 Targetkan Nilai Kontrak Hingga 80 Juta Dollar AS

Lebih lanjut Andhika mengatakan, pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut mendukung kehadiran FuturaConnectiva yang digelar dengan tujuan utama mengedepankan topik masa depan terkoneksi.

“Inisiatif ini memungkinkan para peserta untuk bertukar ide, berkolaborasi, dan merencanakan strategi masa depan yang inovatif dalam ranah ekonomi kreatif untuk mencapai kemajuan berkelanjutan,” lanjut Andhika.

“Kami berharap, acara ini dapat menjadi katalisator untuk peningkatan kontribusi ekonomi kreatif terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jakarta,” ungkap Diaz.

Baca juga: UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 Hadir Kembali di JCC, Hadirkan 700 Pelaku UMKM

“Kami juga berharap dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta peningkatan kontribusi yang lebih besar terhadap perekonomian negara melalui inovasi, kreativitas, dan kerja sama antar-pelaku industri,” tutup Diaz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com