Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 Hadir Kembali di JCC, Hadirkan 700 Pelaku UMKM

Kompas.com - 22/11/2023, 15:17 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


KOMPAS.com– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menyelenggarakan pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR untuk mendukung pengembangan bisnis para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam membangun perekonomian Indonesia.

Pada pameran yang kelima ini, BRI mengusung tema “Crafting Global Connection” atau merakit koneksi global.

Pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 nantinya akan dilaksanakan secara offline di Jakarta Convention Center (JCC) mulai tanggal 7 hingga 10 Desember 2023.

Baca juga: Kisah Murniati, Mantan Pegawai Kantoran yang Kini Sukses Berbisnis Camilan Olahan Nanas Madu

Direktur Utama BRI, Sunarso mengungkapkan, pelaku UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan ekspor dan masuk pasar internasional.

“Program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. BRI melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global,” lanjut Sunarso dalam siaran pers yang diterima Kompas.com pada Rabu (22/11/2023).

Sementara itu, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Anam Sukriyanto mengatakan, BRI memiliki enam kantor di luar negeri yang suah bekerja sama dengan 1.200 bank.

Baca juga: Sediakan Makanan bagi Pekerja Pelabuhan, Terminal Teluk Lamong Luncurkan UMKM Drive Thru

“BRI juga membekali UMKM dengan berbagai pelatihan yang telah diselenggarakan sebelum business matching dilaksanakan. Kami harapkan terjalin komitmen pembelian produk UMKM sehingga dapat semakin memperluas akses pasar global,” kata Anam lagi.

Pada pameran tahun ini, jumlah UMKM yang mendaftar meningkat sebesar 168 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Saat ini tercatat sebanyak 3.183 UMKM yang sudah melakukan pendaftaran melalui website brilianpreneur.com.

Meskipun demikian, hanya 700 pelaku UMKM yang lolos kurasi dan akan dihadirkan pada showcase di Jakarta Convention Center.

Baca juga: Dukung UMKM Tembus Pasar Global, Komunita Sahabat UMKM Bawa 208 Produk ke Nagoya

Sementara itu, Lead Kurator UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, Diana Nazir menuturkan, proses kurasi pada pameran BRILIANPRENEUR tahun ini cukup panjang.

“Kami telah melewati beberapa tahap kurasi, baik administrasi, melihat dan mencoba makanan atau produk secara langsung, dan interview dengan pemilik usaha. UMKM yang kami loloskan tidak hanya ditinjau dari aspek desain dan kemasan, tetapi juga telah memenuhi syarat legalitas dan sudah tersertifikasi,” lanjut Diana.

Produk UMKM yang akan ditampilkan pada pameran nanti terbagi menjadi lima kategori, yaitu home decor & craft, food & beverage, accessories & beauty, fashion & wastra, dan healthcare/wellness.

Baca juga: Perusahaan Gelato Asli Indonesia Ini Dapat Pendanaan dari OCBC Venture

Selain itu, BRI juga menargetkan pasar potensial dari beberapa negara, seperti Jepang, UEA, Taiwan, Hongkong, Korea Selatan, Malaysia, US, Mexico, Canada, Belanda, Italia, Australia, New Zealand, dan beberapa negara lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com