Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Membuat Karyawan Betah Bekerja, Pelaku Usaha Harus Tahu

Kompas.com - 27/11/2023, 11:20 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Salah satu aset berharga bagi perusahaan atau bisnis adalah karyawan. Tanpa kinerja yang baik dari karyawan, sebuah bisnis tidak akan bisa mencapai target yang ditentukan.

Selain itu dalam menjalankan usaha, juga dibutuhkan karyawan yang loyal, yang betah bekerja dalam waktu yang lama. Karyawan loyal inilah yang akan dengan senang hati membantu bisnismu semakin berkembang dan maju.

Bahkan, mereka tidak akan membiarkan hal-hal yang bisa menyebabkan kegagalan pada bisnismu. Hal ini karena, mereka ingin berkembang bersama dengan usaha yang kamu bangun.

Baca juga: 5 Tips Terhindar Pinjol Ilegal, Pelaku UMKM Wajib Tahu!

Lantas apa yang harus kamu lakukan untuk memertahankan loyalitas karyawan pada usahamu? Simak 5 tips berikut ini, seperti yang telah dirangkum pada beberapa sumber.

1. Kenali Hambatan Karyawan dan Berikan Solusi

Sebagai pelaku usaha, ada kalanya kamu harus meluangkan waktu untuk berdialog dengan para karyawan, mengenai hambatan yang mereka rasakan.

Dengan begitu, kamu bisa memahami hambatan yang ada dan mencari solusi terbaik. Misalnya, karyawan Atidak dapat bekerja dengan karyawan X, maka kamu sebagai pimpinan perlu memberikan solusi, yang tidak merugikan karyawan A, karyawan X, dan usahamu.

Baca juga: Ahmat Owner Rubycraft Ungkap Tips Menembus Pasar Internasional

2. Buat Sarana untuk Menyampaikan Ide, Keluhan, dan Permasalahan

Kebanyakan pelaku bisnis tidak memberikan sarana untuk para karyawan menyampaikan ide, keluhan, dan permasalahan mereka.

Padahal, jika ada wadah atau sarananya, bisa jadi akan ada banyak ide menarik yang berguna bagi bisnismu.

Bahkan, siapa tahu dari informasi yang diperoleh akan dapat meningkatkan target usahamu ke depannya.

3. Kenali Potensi Karyawan

Selain memberdayakan karyawan, pelaku usaha juga perlu mengembangkan dan meningkatkan keterampilan para karyawan dengan memberikan pelatihan dan pendidikan yang berkelanjutan. Kamu bisa memberikan pelatihan setiap dua minggu sekali atau sebulan sekali.

Baca juga: Punya Usaha dan Perlu Modal? Ini 4 Lembaga Pemberi Pinjaman untuk UMKM

Misalnya, kamu bisa membentuk tim lalu diberikan kesempatan untuk mempresentasikan ide di depan para manajer. Kamu juga perlu mendampingi sampai ide itu dapat dijalankan dan membuahkan hasil.

Hal ini tentu akan membuat karyawan menjadi lebih bersemangat dalam bekerja, karena diberikan kesempatan untuk mengembangkan keahlian mereka.

4. Ciptakan Atmosfer Kerja yang Menyenangkan

Lingkungan kerja yang menyenangkan akan membuat karyawan menjadi nyaman dan semangat bekerja.

Kamu bisa menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan dengan membangun kebiasaan-kebiasaan baik, seperti berdoa sebelum bekerja, budaya saling menghormati, komunikasi yang baik antara karyawan dan pimpinan, serta membuat pekerjaan menjadi hal yang menyenangkan.

Baca juga: 7 Tips Memulai Bisnis Nugget Rumahan

5. Apresiasi Prestasi Karyawan

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan seorang pimpinan, yaitu memberikan apresiasi atas prestasi karyawannya. Tidak harus selalu memberi hadiah mahal, tetapi bisa memberikan dengan hal yang sederhana, seperti ucapkan terima kasih atau memberikan pelatihan kepada karyawan berprestasi.

Dengan demikian, seluruh karyawan akan memiliki jiwa kompetitif yang sehat untuk menjadi yang terbaik pada bidangnya, sehingga akan berdampak positif juga pada bisnismu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com