Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Memulai Bisnis Nugget Rumahan

Kompas.com - 26/11/2023, 10:28 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi


KOMPAS.comNugget ayam merupakan salah satu makanan yang disukai anak-anak, karena rasanya enak dan mudah dimakan. Selain itu, penyimpanan dan penyajiannya juga praktis.

Bagi kamu yang ingin membangun usaha rumahan, bisnis nugget ayam rumahan bisa menjadi peluang usaha yang menghasilkan cuan.

Kamu bisa memproduksi nugget sendiri di rumah dengan rasa yang enak, menggunakan bahan baku berkualitas, dan tanpa pengawet.

Baca juga: Bagaimana Membuat Usaha Berkembang dan Naik Kelas? Owner Havilla Tea Bagikan 3 Tips

Proses pembuatan nugget juga sangat sederhana dan tidak membutuhkanruang besar untuk membuatnya. Selain itu, kamu juga hanya membutuhkan modal sekitar Rp 500 ribu untuk memulainya.

Jika kamu tertarik memulai bisnis nugget rumahan, simak 7 tips memulai bisnis nugget rumahan berikut ini, seperti yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

Baca juga: 3 Tips Lolos Kurasi Ekspor bagi Pelaku UMKM

1. Siapkan Modal

Modal awal untuk memulai bisnis nugget di rumah hanya sekitar Rp 500 ribu, untuk membeli bahan baku, seperti daging ayam, bumbu, tepung panir, telur ayam, dan tepung terigu, serta kemasan plastik kedap udara.

Kamu bisa memanfaatkan peralatan masak yang kamu miliki di rumah, seperti panci, kompor gas, dan freezer, sehingga kamu bisa mengurangi pengeluaran biaya produksi.

2. Bahan Baku Berkualitas

Kelebihan usaha nugget rumahan adalah kamu bisa membuatnya lebih sehat. Oleh sebab itu, penting untuk memerhatikan kualitas bahan baku yang digunakan, termasuk memastikan bahan baku masih dalam keadaan segar.

Kemudian kamu bisa membuat kreasi nugget berbeda, misalnya dengan menambahkan berbagai macam sayuran agar lebih sehat dan membuat bentuk-bentuk lucu agar makin disukai anak-anak.

Baca juga: 6 Strategi Bisnis yang Perlu Disiapkan Jelang Momen Akhir Tahun

3. Proses Higienis 

Sebagai pelaku usaha, kamu harus memastikan lokasi produksi nugget dalam kondisi higienis dan bersih, sehingga nugget yang diproduksi terbebas dari berbagai kontaminasi.

Kamu juga harus menetapkan standar kebersihan yang tinggi dalam proses memasak atau membuat nugget, seperti menggunakan sarung tangan, seragam khusus, penutup mulut, hingga penutup rambut.

4. Kemasan Kedap Udara

Untuk menyimpan nugget ayam, kamu harus menggunakan kemasan plastik kedap udara, agar produk dapat bertahan lebih lama.

Buat juga desain kemasan yang simpel dan menarik, untuk membuat konsumen tertarik saat melihat produk nuggetmu.

5. Cantumkan Komposisi Bahan

Jangan lupa untuk mencantumkan komposisi bahan baku yang digunakan dalam pembuatan nugget ayam. Hal ini  penting diketahui oleh konsumen dan akan menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih produk.

Selain itu, kamu juga harus mencantumkan masa kedaluwarsa produkmu.

Baca juga: 5 Tips Memulai Bisnis Ecoprint ala Siti Khulifah, Owner Mutiara Collection

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com