Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meningkatkan Daya Saing UMKM Dengan Research and Development, Apa Itu?

Kompas.com - 28/11/2023, 12:00 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persaingan yang ketat di berbagai sektor bisnis menuntut pelaku usaha untuk terus berinovasi dan memperbaiki bisnis mereka.

Upaya ini dilakukan untuk menjaga kelangsungan usaha dan mencapai tujuan utama, yaitu mendapatkan keuntungan maksimal dengan memanfaatkan sumber daya seminimal mungkin.

Hal ini pun tak luput bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang menjalankan bisnis kuliner. Untuk mengembangkan bisnis, dibutuhkan adanya research and development (R&D).

RnD adalah sebuah kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menghasilkan produk atau layanan baru.

Selain itu, R&D juga dilakukan untuk meningkatkan produk atau layanan yang sudah ada.

R&D penting bagi usaha kecil karena dapat memberikan beberapa manfaat. Simak 4 manfaat melakukan R&D untuk bisnis Anda dikutip dari berbagai sumber:

Baca juga: 6 Tips Promosi Produk UMKM Lewat Pameran

1. Meningkatkan Daya Saing

Bagi pelaku usaha UMKM, R&D dapat membantu usaha kecil Anda untuk menghasilkan produk atau layanan yang lebih inovatif dan berkualitas.

Setelah Anda mengupayakan peningkatan kualitas produk maupun layanan pada bisnis Anda, hasil yang akan Anda dapat adalah peningkatan daya saing usaha kecil di pasar yang kompetitif.

2. Meningkatkan Efisiensi

Selain meningkatkan daya saing bisnis, merealisasikan R&D dapat membantu usaha kecil untuk menemukan cara-cara baru untuk meningkatkan efisiensi pengoperasian bisnis.

Dengan cara ini, Anda bisa berdiskusi untuk menentukan langkah tepat yang akan membawa usaha kecil Anda dalam hal meningkatkan profitabilitas.

Baca juga: Ahmat Owner Rubycraft Ungkap Tips Menembus Pasar Internasional

3. Memperluas Pasar

R&D dapat membantu Anda sebagai pelaku usaha kecil untuk mengembangkan produk atau layanan baru yang dapat menarik segmen pasar baru.

Ini dapat membantu Anda untuk memperluas jangakauan pasar dan meningkatkan pendapatan.

4. Meningkatkan Pendapatan

Jika Anda telah memiliki investor, adanya R&D dalam bisnis Anda dapat membantu Anda untuk menunjukkan visi dan misi bisnis kepada investor.

Investor tentu mengharapkan pertumbuhan penjualan yang positif, baik pada saat ini maupun di masa depan. Oleh karena itu, R&D menjadi upaya yang tepat bagi Anda untuk mencapai tujuan kompetitif.

Baca juga: Simak 8 Tips Pentingnya Bergabung dalam Komunitas Bisnis

Jika Anda merasa belum menguasai apa saja yang harus dilakukan dalam melakukan research and development, Anda dapat melakukan R&D dengan berbagai cara, misalnya dengan menyewa konsultan R&D atau bekerjasama dengan sebuah lembaga penelitian.

Namun, apabila kedua hal tersebut membuat Anda terlalu banyak memikirkan pertimbangan lainnya, Anda dapat melakukan R&D sendiri dengan memahami konsep R&D dan hal-hal yang harus Anda teliti dalam bisnis Anda.

Usaha kecil dapat memulai R&D dengan melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan tren pasar. Setelah itu, usaha kecil dapat mengembangkan ide-ide produk atau layanan baru. Ide-ide tersebut kemudian dapat diuji coba untuk melihat apakah layak untuk dikembangkan lebih lanjut.

R&D dapat menjadi investasi yang berharga bagi usaha kecil yang Anda jalankan. Dengan melakukan R&D, usaha kecil dapat meningkatkan daya saing, efisiensi, dan memiliki peluang besar terhadap pertumbuhan bisnis Anda.

Baca juga: Simak 6 Manfaat Ikut Program Inkubasi Bagi UMKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com