Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teten Masduki Optimis Produk Kriya dan Wastra Bisa Go Internasional

Kompas.com - 28/11/2023, 18:49 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kerajinan merupakan salah satu subsektor industri kreatif ciri khas Indonesia. Hal ini karena kerajinan memiliki kearifan lokal dan mendukung industri pariwisata.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, subsektor industri kerajinan mampu melakukan ekspor dengan nilai 916 juta dollar AS pada tahun 2021.

Selain itu, industri ini juga mengalami kenaikan sebesar 10,49 persen dibandingkan nilai ekspor tahun 2020 yang mencapai 829 juta dollar AS.

Baca juga: Menkop UKM Sebut Pameran Cerita Nusantara Bisa Jadi Kesempatan UMKM Manfaatkan RPB

Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM mengatakan, sektor kriya dan wastra menjadi keunggulan ekonomi domestik Indonesia, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Kita bisa lihat dampak yang diberikan kedua sektor ini, bukan hanya pada produknya, tapi juga pengembangan produknya dan model bisnisnya,” lanjut Teten saat ditemui Kompas.com di gelaran Cerita Nusantara 2023 di JCC, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2023).

Ia juga optimis dan percaya, bahwa kedua sektor tersebut, kriya dan wastra dapat go international.

Apalagi, gelaran Cerita Nusantara 2023 ini membawakan konsep bisnis Business to Business (B2B) bukan Business to Customer (B2C).

Untuk itu, acara ini memang hanya untuk business matching dan pitching product, sehingga produk yang ditampilkan pelaku UMKM hanya produk terbaru.

“Yang kita hadirkan saat ini berbeda dengan expo atau showcasing produk pada umumnya. Yang kita tampilkan saat ini adalah para agregator untuk perkembangan ekosistem kriya dan wastra di Indonesia,” tutur Teten.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Suzana mengapresiasi Kemenkop UKM dan para mitra kolaborator atas partisipasi aktif dan kontribusi untuk ikut serta membina dan memajukan industri kerajinan nasional.

“Saya percaya, produk kerajinan kita memiliki kualitas yang dapat dibanggakan. Terbukti dengan cukup banyaknya produk kita yang diterima di pasar global,” ujar Suzana.

Baca juga: Kemenkop UKM Gelar Entrepreneur Hub Bali, Teten Masduki Dorong Universitas Cetak Wirausaha

Teten berharap, ke depan dapat terus bersama-sama melangkah menuju masa depan yang lebih baik untuk sektor wastra dan kriya.

"Dengan mengembangkan kewirausahaan di dalamnya, kita tidak hanya menciptakan peluang ekonomi baru, tetapi juga melestarikan warisan budaya kita yang begitu berharga,” tutup Teten.

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) dengan Dewan Kerajinan Nasional dan OASE-kim menyelenggarakan Gelaran Cerita Nusantara 2023 pada 28 November 2023 yang dilangsungkan di Jakarta Conventation Center (JCC), Jakarta Pusat.

Cerita Nusantara 2023 merupakan program lanjutan Kemenkop UKM, yaitu Cerita Wastra 2021 dan Cerita Kriya pada tahun 2022.

Baca juga: Produk Model Bisnis Agregasi Dorong Sektor Wastra dan Kriya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com