Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Cari Pemasok Tangan Pertama untuk Memulai Usaha

Kompas.com - 04/12/2023, 11:16 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Ketika punya rencana untuk mulai berjualan online, maka menyiapkan stok barang dagangan menjadi hal yang cukup penting. Saat belanja stok barang, bukan hanya kualitas produk yang perlu dipertimbangkan tapi juga soal harga.

Pasalnya, selisih harga yang didapat saat belanja stok bisa mempengaruhi keuntungan yang akan diperoleh nantinya.

Untuk itu, Anda perlu menemukan supplier atau pemasok yang bisa memberikan harga terbaik. Biasanya produk dengan harga terjangkau bisa diperoleh dari supplier tangan pertama. Meski tidak mudah mencari supplier terpercaya yang menawarkan harga pembelian terjangkau, bukan berarti hal ini mustahil.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menemukan distributor tangan pertama yang benar-benar terpercaya dan harga terbaik. Dilansir dari Cermati.com, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan :

1. Temukan di Marketplace

Tips pertama untuk Anda yang ingin menemukan supplier terpercaya tangan pertama adalah dengan searching di marketplace. Adanya marketplace kini semakin memudahkan para penjual dan pembeli untuk bertemu dan bertransaksi. Mulai dari transaksi berskala kecil hingga besar bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Sehingga hal tersebut akan sangat semakin memudahkan untuk menemukan supplier tangan pertama yang tepat sesuai kebutuhan. Apalagi, Anda juga bisa bertemu dengan penjual, dropshipper, reseller, distributor hingga importir, lho. Tentunya hal ini akan sangat membantu untuk memilih supplier yang sesuai dengan kebutuhan usaha yang dijalankan.

Selain itu, produk yang ditawarkan juga cukup beragam dengan harga yang sangat kompetitif. Hal ini tentu akan semakin memudahkan Anda untuk memilah dan memilih produk sesuai harga dan kualitas yang ditawarkan.

2. Cek di Toko Online atau Website Bisnisnya

Selain searching di marketplace, Anda juga bisa mencari supplier melalui situs web resmi yang dimilikinya. Cara ini juga cukup mudah, karena hanya perlu searching di internet untuk mendapatkan informasi terkait.

Distributor yang terpercaya saat ini kebanyakan sudah memiliki situs web profesional sendiri. Jadi, Anda bisa menemukan informasinya secara lengkap melalui mesin pencari, salah satunya seperti Google. Masukan berbagai kata kunci sesuai dengan produk yang dicari, agar hasil pencarian yang diperoleh semakin spesifik.

Setelah muncul hasilnya, cek website atau toko online tersebut satu per satu, baca ulasan dan cek rating yang dimiliki supplier tersebut. Lihat bagaimana pengalaman para pembeli yang sudah berbelanja di toko tersebut. Cek juga bagaimana toko merespon calon pembeli melalui fitur chat yang disediakan.

Toko atau supplier yang terpercaya sudah tentu akan memiliki ratin bagus dan pelayanan pelanggan yang baik. Jika, kesan pertama tersebut sudah negatif sebaiknya cari toko lain untuk dijadikan sebagai supplier.

Baca juga: Rantai Utama dalam Bisnis, Pahami Apa Arti Supplier, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

3. Cari di Komunitas atau Forum Bisnis Online

Langkah selanjutnya menemukan supplier atau distributor tangan pertama adalah dengan bergabung di komunitas atau forum bisnis online. Komunitas tersebut bisa Anda temukan di Facebook, Kaskus dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan pencarian, ada baiknya pilih komunitas atau forum sesuai dengan niche bisnis yang dijalankan. Jika pencarian informasi masih belum membuahkan hasil, tak ada salahnya untuk membuat postingan atau mengajukan pertanyaan.

Dalam forum yang memiliki banyak pengikut, biasanya ada saja anggota yang punya informasi menarik. Mulai dari informasi seputar produk, distributor hingga info bisnis menarik lainnya.

Selalu pastikan untuk berhati-hati dan waspada saat berinteraksi di forum online. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal negatif yang tak diinginkan. Jika memang ingin bertransaksi melalui komunitas online, pastikan untuk menyertakan pihak ketiga yang terpercaya.

4. Gunakan Jasa Importir

Langkah selanjutnya ini cocok untuk Anda yang menjalankan bisnis jual beli produk impor. Pasalnya, menggunakan jasa importir akan semakin meningkatkan kesempatan untuk bertemu supplier tangan pertama yang terpercaya.

Namun demikian, Anda tetap harus selalu hati-hati dan teliti dalam memilih jasa importir. Pastikan layanan jasa tersebut punya alamat kantor resmi yang jelas, legal dan berizin, agar bisa dikunjungi untuk membahas kepentingan bisnis.

Jangan lupa cek ulasan jasa importir di mesin pencarian. Jika muncul ulasan yang mencurigakan, jangan tunggu waktu lama dan segera saja cari jasa importir lain yang punya reputasi lebih kredibel.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com