Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIF Group Salurkan Dana Bergulir Tanpa Bunga ke 734 UMKM

Kompas.com - 02/12/2023, 11:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - FIF Group menyalurkan pinjaman tanpa bunga kepada 734 UMKM sepanjang 2023 ini sebagai bagian dari program CSR perusahaan. 

Selain itu, UMKM yang berkesempatan mendapatkan fasilitas ini juga mendapatkan pembinaan serta pengembangan UMKM lewat kolaborasi bersama Astra, Yayasan Grup Astra, Yayasan Non-Astra, serta pemerintah.

Microfinancing Partnership and Marketing Development Senior Analyst FINATRA, Riezky Chandra Novariz menuturkan penyaluran dana bergulir tanpa bunga tersebut dibagi dalam 3 tahap. Tahap 1 di bulan Mei 2023 sebanyak 340 UMKM, tahap 2 di bulan Agustus 2023 sebanyak 260 UMKM, dan tahap 3 di bulan November 2023 sebanyak 134 UMKM.

Baca juga: Kiat Menjadi Seorang Key Opinion Leader

Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Management Department Head FIF Group, Charles DW Simaremare mengatakan kegiatan dilaksanakan untuk mendukung implementasi ESG dengan mendorong penerapan program keberlanjutan Sustainability Development Goals (SDGs) nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

"Salah satu inisiatif yang kami lakukan adalah melalui program dana bergulir, yaitu pengembangan UMKM. Semoga pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan hari ini dapat mengambil nilai-nilai positif dan mengimplementasikannya di bisnis masing-masing,” jelasnya dalam keterangan resmi, pekan ini.

Sementara itu Microfinancing Partnership and Marketing Development Senior Analyst FINATRA, Riezky Chandra Novariz menyampaikan UMKM yang diberi fasilitas pendanaan ini sebagian besar berada di sekitar networking cabang dan berkolaborasi dengan Yayasan Grup Astra dan Non Astra.

Baca juga: Telkom Bantu 498 UMKM Binaan Kantongi Sertifikat Halal

 

"Semoga kegiatan yang bertujuan memajukan dan mengembangkan UMKM binaan seperti ini terus dapat dilaksanakan, demi memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia,” jelasnya.

Bantuan modal pada program dana bergulir tahap 3 ini berasal dari Dana Sosial Syariah FIF Group yang berfokus pada pengembangan UMKM, yaitu pemanfaatan dan penyaluran dana sosial syariah yang tepat serta efektif kepada masyarakat dengan mengedepankan transparansi.

Bantuan tersebut merupakan pinjaman tanpa bunga yang diharapkan dapat meringankan beban serta membantu memajukan UMKM untuk naik kelas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com