Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Modal 20 Juta? Ini 4 Ide Bisnis yang Menguntungkan

Kompas.com - 01/12/2023, 15:00 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisnis adalah salah satu cara untuk meraih kesuksesan dan kemandirian finansial. Namun, memulai bisnis bukanlah hal yang mudah. Diperlukan modal, keterampilan, dan pengetahuan yang memadai.

Memulai usaha tidak selalu harus dimulai dengan modal yang besar. Jika kamu memiliki modal senilai Rp 20 juta, kamu sudah dapat memulai bisnis, baik itu bisnis online maupun bisnis konvensional.

Penasaran dengan ide bisnis yang hanya butuh modal Rp 20 juta? Simak 4 ide bisnis berikut ini!

1. Pencucian Motor dan Mobil

Usaha cuci motor adalah salah satu ide usaha yang cocok untuk pemula, terutama bagi yang tinggal di daerah perkotaan. Usaha ini memiliki peluang yang cukup besar karena jumlah pengguna motor di Indonesia sangatlah banyak.

Baca juga: Berpotensi Cuan, Simak 5 Olahan Nanas yang Bisa Jadi Ide Usaha

Dengan memanfaatkan modal sebesar Rp 20 juta, kamu bisa membuka jasa cuci motor dan mobil. Modal itu cukup untuk mendapatkan alat cuci motor dan mobil dengan konsep hidrolik.

Pastikan untuk mendirikan usaha cuci motor dan mobil ini di tempat yang strategis agar ramai pelanggan. Jika kamu belum memiliki tempat, kamu juga perlu menyisihkan modal untuk menyewa tempat.

Keuntungan menjalankan bisnis ini adalah tidak memerlukan keahlian khusus, target pasar yang luas, serta modal yang relatif kecil. 

2. Fotografer atau Videografer

Memulai bisnis sebagai seorang fotografer ataupun videografer sangat cocok untuk kamu yang memiliki minat dan hobi di bidang fotografi digital, karena kamu akan bisa menghasilkan uang dan memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkan jasa tersebut.

Untuk memulai bisnis fotografi, cukup dengan modal Rp 20 juta kamu bisa menjalani bisnis sebagai seorang fotografer lepas. Modal ini cukup untuk membeli sebuah kamera digital baru dan beberapa alat pendukungnya.

Baca juga: Ingin Memenangkan Kompetisi di Era Digital? Hindari Chicken Mindset

Menjalankan bisnis ini pun bisa dilakukan oleh kamu yang masih mengenyam pendidikan perguruan tinggi untuk memanfaatkan waktu kosong.

3. Fesyen

Bisnis ini memiliki target pasar yang amat besar dan tidak ada hentinya dan memulai bisnis ini juga bisa dimulai dengan modal yang terbilang kecil.

Memulai bisnis fesyen dengan modal Rp 20 juta, kamu telah bisa menjadi penjual tangan kedua dari suatu produsen baju. Kamu bisa bekerjasama dengan penyedia atau grosir pakaian terpercaya di suatu tempat.

Referensi fesyen yang bisa kamu jadikan bisnis untuk menghasilkan cuan adalah pakaian muslim, pakaian Korea, ataupun pakaian Thailand.

4. Frozen Food

Bisnis yang tak kalah populer dengan ide bisnis lainnya adalah menjual produk makanan beku siap saji (frozen food).

Baca juga: Kunci Sukses Memulai Usaha untuk Gen Z, Salah Satunya Mau Terima Pendapat Orang Lain

Bisnis ini bisa dimulai dengan modal Rp 20 juta, dan kamu tentu akan memperoleh beragam jenis makanan beku seperti bakso, sosis, nugget, dimsum, dan masih banyak lagi.

Penjualan produk makanan beku dapat kamu lakukan secara online dan offline. Hanya saja, kamu perlu memperhatikan ruang penyimpanan pada lemari pendingin yang kamu miliki.

Mungkin kamu akan membutuhkan lemari pendingin untuk menyimpan stok dari pemasok. Pastikan kamu mengelola modal sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com