Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Sukses Memulai Bisnis Bengkel Motor Listrik

Kompas.com - 07/12/2023, 11:21 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehadiran kendaraan bermotor listrik di Indonesia masih belum diimbangi dengan pertumbuhan penyedia jasa reparasi motor atau service. Padahal, bengkel motor listrik menawarkan peluang yang menarik dan menjanjikan.

Peluang ini menjanjikan, sebab permintaan untuk perawatan dan perbaikan motor listrik (molis) meningkat. Berikut adalah beberapa tips untuk membangun usaha bengkel motor listrik, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Modal Usaha

Investasi modal untuk memulai usaha bengkel motor listrik dapat bervariasi tergantung pada skala kecil, menengah, atau besar. 

Misalnya kamu ingin bergabung menjadi mitra waralaba bengkel motor listrik, modal awal yang perlu kamu siapkan mulai dari Rp 250 juta.

Baca juga: Pertamina Lubricants Bantu Kembangkan Pengusaha Bengkel Roda Dua

Melansir laman otomotif Kompas.com, dengan modal tersebut, kamu juga akan mendapatkan fasilitas tempat berupa ruko untuk menjalankan waralaba bengkel molis.

2. Pemasok Sparepart

Sertifikasi diri dengan pemasok sparepart yang terpercaya, untuk memastikan kualitas dan keadaan sparepart yang diperlukan dalam proses modifikasi dan konversi motor.

Kamu bisa melakukan survei secara online untuk menemukan pemasok, yang sekiranya cocok dengan layanan bengkel kamu.

3. Mencari Montir yang Andal

Carilah montir yang andal dan berpengalaman dalam modifikasi dan konversi motor listrik. Ini merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan usaha bengkel motor listrik Anda.

Untuk mendapatkan montir berpengalaman, kamu bisa menghubungi beberapa lembaga penyedia motor listrik dan menjalin kerjasama untuk mengadakan pelatihan.

Baca juga: Bengkel Konversi, Peluang Baru dalam Berbisnis yang Dapat Dicoba

4. Penyediaan Suku Cadang dan Layanan

Sebagai penyedia jasa layanan reparasi, persiapkan stok suku cadang khusus untuk motor listrik. 

Tawarkan juga layanan perbaikan rutin, pemeliharaan, dan pembaruan perangkat lunak jika diperlukan setelah klien mendapatkan perawatan motornya.

Untuk selalu memuaskan pelanggan dengan layanan yang kamu sediakan, kamu juga bisa memberikan beberapa pelatihan atau penghargaan kepada para montir yang telah berhasil mencapai target, agar mereka selalu bersemangat.

 5. Hadirkan Layanan Darurat

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kesuksesan usaha bengkel motor listrik adalah dengan menyediakan layanan service darurat.

Dengan menerapkan ini, kamu bisa melihat berapa banyak klien yang akan memanfaatkan layanan ini, mengingat saat ini bengkel motor listrik belum banyak berkembang, sekalipun di ibu kota.

Baca juga: Pemerintah Libatkan Pelaku UKM dalam Konversi Motor Listrik

6. Koalisi dan Promosi

Tingkatkan kesediaan layanan lain dalam usaha kamu, dengan berkoalisi pada layanan perniagaan lainnya, seperti jual beli, penjualan makanan dan minuman, atau penyewaan motor listrik.

Melakukan promosi melalui media sosial juga menjadi kunci untuk meningkatkan kesadaran pelanggan tentang usaha kamu.

Dengan komitmen terhadap kualitas, inovasi, dan pelayanan pelanggan yang baik, bengkel motor listrik dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan di era kendaraan ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com