Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenama Lungsin Tonjolkan Kekayaan Wastra Nusantara pada Produk-produk Aksesoris

Kompas.com - 09/12/2023, 14:00 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tak ternilai, salah satunya adalah wastra atau kain tradisional yang memiliki berbagai motif dan ciri khas unik dari berbagai daerah di Nusantara.

Kekayaan wastra Indonesia dapat dimanfaatkan dalam bermacam rupa, salah satunya menjadi aksesoris fesyen berupa tas tangan wanita.

Timbul dari kreativitas dan kecintaannya terhadap wastra nusantara, Aulia R. Rusdi merintis bisnis dengan mengembangkan brand Lunsin.

Didirikan di Jakarta sejak tahun 2012, pada produk tersebut, Lia memberikan sentuhan yang berbeda terhadap wastra nusantara agar menghasilkan kesan yang elegan.

Lia juga tidak mengambil kain secara sembarangan. Dia mengambil dari para perajin yang sudah dipercaya sejak lama.

Baca juga: Jokowi Sebut BRILIANPRENEUR 2023 Jadi Ajang Pertemuan Buyers dan Pelaku UMKM

Baginya, penggunaan wastra tidak hanya terbatas pada pakaian adat atau busana tradisional, tetapi juga dapat digunakan sebagai aksesoris fesyen modern.

“Saya ingin mengangkat kain atau wastra Indonesia sebagai sesuatu yang berbeda, tidak hanya berupa kain yang melambangkan suatu etnis, tetapi lebih menonjolkannya,” kata Lia saat dihubungi Kompas.com, Rabu (6/11/2023).

Menonjolkan Kelebihan Lungsin

Lungsin adalah jenama Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menghasilkan produk berupa tas tangan atau clutch untuk wanita.

Clutch Lungsin dapat digunakan sebagai aksesoris untuk melengkapi busana sehari-hari, busana formal, ataupun busana pesta. Lia bercerita, produk-produk Lungsin diproduksi oleh tangan-tangan terampil.

Baca juga: Cerita Pony Mastia Merintis Kolegarasa, Awalnya Buka Pesanan Jajanan Korea di Kantor

Segmentasi Pasar Lungsin

Dalam memasarkan produknya yang terbilang unik, Lia menyasar konsumen yang memiliki ketertarikan terhadap wastra dalam bentuk modern.

“Lungsin ini menyasar orang-orang yang suka keragaman wastra Nusantara dan ingin menampilkannya dalam bentuk aksesoris fesyen,” papar Lia.

Lebih lanjut Lia mengungkapkan, hasil produksi jenamanya ini juga banyak digunakan oleh artis dan influencer ternama. Termasuk juga dalam hal membangun branding, Lia bekerjasama dengan artis.

“Cara kita untuk membangun brand awareness, kita promosikan kepada artis dan influencer yang memang sudah terkenal. Ini menyesuaikan dengan segmentasi kita,” jelas Lia.

Melalui cara ini, telah terbukti bahwa produk Lungsin banyak digunakan artis papan atas Indonesia seperti Prilly Latuconsina, Ariel Tatum, hingga Sha Ine Febriyanti, yang memainkan peran utama di film Budi Pekerti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com