Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WomenSweetpreneurs Dorong UMKM Perempuan Manfaatkan Story Telling Merek untuk Gaet Pelanggan

Kompas.com - 13/12/2023, 17:42 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus berkembang, termasuk pelaku UMKM perempuan.

Melansir laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), total pelaku UMKM Indonesia sebanyak 64,2 juta dan ada sebanyak 37 juta UMKM di Indonesia yang dikelola oleh perempuan.

Oleh karena itu, sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan UMKM perempuan, Frisian Flag dan Kompas.com melakukan kerja sama membuat webinar WomenSweetpreneurs melalui Zoom Meetings pada Rabu (13/12/2023).

Baca juga: Toba Tenun, Berdayakan 200 Perempuan dan Beromzet Rp100 Juta

WomenSweetpreneur merupakan langkah Frisian Flag dan Kompas.com untuk mengajak pelaku usaha perempuan meningkatkan story telling mereka dalam memenangkan hati pelanggan.

Poetry Gladies selaku Mompreneur, Founder Dapurgladies mengatakan, brand story telling merupakan proses membentuk narasi untuk memperkuat brand atau merek mengenai perusahaan.

Brand story telling juga bisa memengaruhi persepsi dan ikatan emosi antara konsumen dan brand.

Story telling bisa memengaruhi 90 persen keputusan pembelian. Memasukkan emosi ke dalam cerita merek akan menjadikan merek lebih autentik dan manusiawi, narasi yang menarik dan teknik bercerita sangat penting untuk keterlibatan audiens yang efektif,” tutur Poetry.

Selain itu, pada era digitalisasi, foto dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan dan cerita suatu produk bagi pelaku UMKM.

Baca juga: Cerita Budijanto Merintis Semaya Clay, Rajin Ikut Bazar di Dalam dan Luar Negeri

Pada kesempatan yang sama, Iwan Andryanto sebagai fotografer mengatakan, biasanya kalau penjualan online, yang pertama kali menarik minat konsumen adalah dengan visual yang bagus.

“Langkah pertama yaitu, buat konsep dahulu agar lebih matAng dalam pengambilan gambarnya," ujar Iwan.

"Konsep bisa diangkat dari brand yang ingin kita bangun, misal brand yang ceria berarti konsepnya bright. Selain itu, pencahayaan juga harus diperhatikan oleh pelaku UMKM," lanjutnya.

Sementara itu, Corporate Communications Manager at PT Frisian Flag Indonesia, Fetti Fadliah mengatakan, kerja sama ini merupakan sebuah kebanggaan bagi pihaknya. Ia sangat bersemangat mengajak para mitra, agar bisa bekerja sama untuk memajukan negara melalui rekan-rekan UMKM.

“Dengan adanya acara pada hari ini, kami berharap memberikan manfaat bagi teman-teman UMKM supaya bisa bersama-sama membangun Indonesia yang sehat, maju, dan selaras,” pungkas Fetti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com