Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Pendanaan dari LPDB-KUMKM, Kopindosat Perkuat Strategi Produktivitas

Kompas.com - 20/12/2023, 12:37 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Koperasi Pegawai PT Indosat Tbk (Kopindosat) memperoleh pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) guna mendukung pembiayaan pegawai Indosat.

Dengan jumlah anggota 2.709 dan sejumlah 333 karyawan, Kopindosat mengembangkan dua aplikasi berbasis digital, yaitu sistem ERP dan “MyKopin”.

Sistem ERP berfungsi dalam mengintegrasikan seluruh kegiatan Kopindosat dan memiliki keunggulan dari sisi perencanaan dan pengendalian terhadap sumber daya. Sementara “MyKopin” berfungsi untuk memudahkan dan meningkatkan layanan kepada anggota.

Baca juga: Teten Minta Perbankan Tingkatkan Pembiayaan UMKM di Sektor Produksi

Untuk meningkatkan produktivitas usaha dan pendapatan pada tahun ini, Kopindosat memiliki empat strategi yang dilakukan, sebagaimana dijelaskan oleh Ketua Kopindosat Wahono.

Hal pertama adalah restrukturisasi bisnis, yakni melalui penguatan pada sektor bisnis jasa teknik, car rental, dan trading.

Yang kedua dari sisi finansial, melalui sumber pembiayaan murah, utilisasi aset produktif secara optimal, percepatan cash cycle guna menghasilkan penggunaan dana yang optimal.

Selanjutnya, strategi ketiga berupa pengembangan anak perusahaan, sinergi group Kopindosat, kemandirian, segmentasi core business, dan implementasi fungsi shared service untuk meningkatkan efisiensi group.

Terakhir, strategi peningkatan organisasi dan SDM, di antaranya pengembangan talent program, juga penyempurnaan sistem, SOP, dan bisnis proses.

Baca juga: Program Inkubator Wirausaha LPDB-KUMKM 2023 Hasilkan Komitmen Pendanaan Rp23,6 Miliar

Wahono menjelaskan, dengan integrasi dari keempat strategi tersebut, semua dapat berjalan dengan baik bersamaan dengan dukungan perkuatan permodalan, yang mana di tahun 2020 Kopindosat bersinergi dengan LPDB-KUMKM.

“Kopindosat mendapat informasi mengenai pembiayaan murah LPDB-KUMKM, dilanjutkan mengirimkan permohonan pengajuan. Pembiayaan tersebut diperuntukkan untuk sektor riil,” jelas Wahono dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (20/12/2023).

Alasan pertimbangan memilih pembiayaan LPDB-KUMKM dibandingkan lembaga pembiayaan lain maupun bank komersial adalah, selain karena biaya yang lebih murah, pengembalian pinjaman LPDB-KUMKM lebih fleksibel, sebab dapat disesuaikan dengan cash flow bisnis.

Tak hanya itu, citra Kopindosat semakin kredibel dan positif, karena berhasil melengkapi persyaratan dan memenuhi standar penerima dana bergulir.

Baca juga: Permudah Koperasi Akses Dana Bergulir, LPDB-KUMKM Luncurkan Aplikasi eLPDB

“Kami terkesan dengan kinerja LPDB-KUMKM yang sangat baik selama ini. Beberapa hal yang dapat kami sampaikan mengenai layanan LPDB-KUMKM antara lain, penuh integritas, respons cepat, memahami kebutuhan Kopindosat, sangat informatif, juga layanan yang sangat detail, teliti, dan penuh kehati-hatian (prudent),” tandas Wahono.

Dari beberapa poin yang disebutkan oleh Wahono itu, dia melihat akuntabilitas dan keterpercayaan LPDB-KUMKM sebagai lembaga pembiayaan.

Selain optimistis terhadap pelayanan LPDB-KUMKM, Wahono berharap koperasi dapat memberikan citra setara dengan korporasi dalam hal pengelolaan usaha dan kemampuan menghasilkan keuntungan, serta dapat memberi kontribusi lebih besar terhadap perekonomian nasional.

Baca juga: LPDB-KUMKM Genjot Penyaluran Dana Bergulir ke Sektor Riil

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com