Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Jayapura Berdayakan Perempuan di 2 Kampung Percontohan

Kompas.com - 26/12/2023, 11:38 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Jayapura menyiapkan relawan pendamping untuk program pemberdayaan perempuan di dua kampung percontohan, yakni Kampung Asey dan Yoboi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jayapura Miryam Y Soumilena menyampaikan program pemberdayaan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemandirian perempuan dan kesejahteraan keluarga di wilayah tersebut.

"Untuk mengajarkan kepada masyarakat di dua kampung tersebut mengenai pendidikan, kesehatan, serta kewirausahaan," katanya sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (26/12/2023).

Baca juga: LPEI Dorong UMKM Indonesia Masuk ke Dalam Rantai Pasok Global

Soumilena menjelaskan, relawan akan direkrut dari masing-masing kampung percontohan tersebut, yakni 10 pendamping setiap kampung.

Melalui pendamping, pemerintah daerah memberikan bimbingan pendidikan, kesehatan, dan kewirausahaan bagi perempuan di Kampung Asey dan Yoboi yang dijadikan sebagai percontohan.

"Kami akan berupaya untuk tahun depan banyak kampung bisa mendapatkan dukungan relawan untuk mengembangkan potensi perempuan dan anak," katanya.

Ia menyampaikan bahwa program pemberdayaan perempuan di Kampung Asey dan Yoboi mencakup dukungan terhadap pengembangan usaha kerajinan batik dan noken serta kuliner.

"Jadi, sumber daya alam yang ada dua kampung tersebut bisa dikelola oleh ibu-ibu di sana menjadi satu nilai ekonomis yang tinggi dan dari situ mereka bisa memenuhi kebutuhan keluarga dan pendidikan bagi anak-anak mereka," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com