Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Langkah Menetapkan dan Mencapai Target Laba Usaha

Kompas.com - 05/01/2024, 18:33 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber BDC

KOMPAS.com - Tujuan membangun bisnis adalah untuk menghasilkan uang, sehingga Anda perlu menentukan target keuntungan dalam perencanaan bisnis.

Target laba yang spesifik dapat menjadi kekuatan untuk perbaikan performa bisnis. Melansir lamam bdc.ca, sasaran minimum untuk memulai adalah mencapai profitabilitas rata-rata untuk bisnis Anda. Setelah itu, Anda dapat menargetkan yang lebih tinggi.

Berikut enam langkah untuk menetapkan dan mencapai target laba usaha.

Baca juga: Apa Itu Laba Kotor dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

1. Tentukan target laba dari modal yang diinvestasikan

Mulailah dengan menetapkan target laba bersih, yakni keuntungan usaha yang didapatkan setelah dikurangi biaya-biaya, seperti biaya produksi, biaya operasional, biaya karyawan hingga pajak penghasilan yang harus dibayarkan.

Untuk mengukur laba atas modal yang diinvestasikan, bagi laba bersih dengan total modal yang diinvestasikan, termasuk jika ada utang.

2. Hitung target margin laba kotor yang diperlukan untuk mencapai target laba

Ambil proyeksi laba bersih Anda dan tambahkan perkiraan biaya penjualan, umum dan administrasi, serta biaya bunga dan pajak. Ini akan memberi Anda perkiraan laba kotor.

Dalam membuat proyeksi pengeluaran, penting untuk mengendalikan biaya secara ketat, tetapi akan ada kalanya Anda perlu meningkatkan pengeluaran dalam pemasaran untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dan membantu mencapai target laba.

Selan itu, perlu juga menghitung selisih laba kotor yang ditargetkan tahun ini dengan laba kotor aktual tahun lalu.

Selisih dari kedua angka tersebut, bisa menjadi fokus Anda untuk melakukan penjualan lebih tinggi, peningkatan produktivitas, peningkatan kualitas produk, serta menghadirkan berbagai inovasi baru.

3. Siapkan perkiraan penjualan

Target margin kotor akan menentukan tingkat penjualan yang harus Anda kejar. Perkiraan penjualan dihitung dengan membagi laba kotor dengan persentase margin kotor yang ingin diperoleh untuk usaha Anda.

Untuk perkiraan penjualan, Anda bisa melakukan survei pasar, termasuk pada pelanggan Anda untuk melihat antusiasme mereka menanti produk-produk Anda.

Pada tahap ini, Anda akan menemukan, apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan. Bisa jadi, Anda perlu mengeluarkan uang untuk melakukan pemasaran digital, untuk memperluas jangkauan pasar.

Baca juga: Tips Meningkatkan Keuntungan Tanpa Menaikkan Harga Jual

4. Perkiraan harga pokok penjualan

Target penjualan dikurangi jumlah laba kotor akan menentukan perkiraan harga pokok penjualan. Bandingkan target ini dengan tahun-tahun sebelumnya dan lakukan penyesuaian.

5. Kembangkan rencana bersama tim manajemen

Bersama tim manajemen, Anda perlu menyepakati tindakan spesifik untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan produktivitas tenaga kerja, serta memperketat manajemen pasokan dan pengeluaran.

Buatlah tiga hingga empat skenario berbeda dalam rencana peningkatan penjualan.

Hal ini akan membantu tim Anda bertanggung jawab untuk memberikan hasil di area mereka. Pastikan juga untuk mencermati strategi penetapan harga dan manajemen inventaris. Pertanyaan-pertanyaan yang perlu diajukan pada titik ini meliputi:

6. Jalankan rencana

Pantau dengan cermat kemajuan tim Anda dalam mengimplementasikan rencana usaha sepanjang tahun. Segera lakukan penyesuaian, jika memang dibutuhkan.

Dalam menjalankan rencana peningkatan penjualan untuk mencapai target laba usaha, penting bagi Anda pelaku usaha untuk terbuka mendengarkan masukan dari tim, sehingga ide-ide inovasi lebih beragam.

Baca juga: Tingkatkan Nilai Penjualan, Begini Cara Menerapkan Strategi Up Selling

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com