Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Fitur LazLive, Upaya Lazada Bantu Tingkatkan Penjualan UMKM

Kompas.com - 10/11/2023, 17:13 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasar e-Commerce Indonesia pada 2023 diproyeksi menyumbang 45 persen nilai penjualan bruto (GMV) di wilayah Asia Tenggara dengan angka sebesar 62 miliar dollar AS atau sekitar Rp 973 triliun.

Industri e-Commerce Indonesia sendiri menyumbang sekitar 74 persen dari total GMV ekonomi digital Indonesia yang diperkirakan mencapai angka 82 miliar dollar AS atau sekitar
Rp 1.2 triliun pada 2023.

Dari besaran angka ini, menunjukkan peluang sektor e-Commerce Indonesia yang berpotensi besar dan dapat dimanfaatkan oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai bagian penting dari strategi pengembangan bisnis yang mereka jalani.

Baca juga: Lazada Seller Conference 2023, Bantu Pelaku UMKM Bersiap Hadapi Festival Belanja Akhir Tahun

Menurut Stefan Winata, Head of Seller Development and Sales Operations Lazada Indonesia, dalam pemasaran digital, masih terlihat adanya tantangan yang dihadapi oleh para seller. Hal ini mendorong Lazada terus memberikan dukungan untuk kesuksesan UMKM.

“Lazada ingin memberikan dukungan untuk kesuksesan UMKM di Lazada. Menilik dari sejarah Lazada Indonesia, kita selalu mendukung UMKM yang berkomitmen untuk bekerjasama dan bertumbuh di platform kami,” kata Stefan di acara media luncheon, Kamis (9/11/2023).

Bentuk komitmen Lazada adalah dengan menyediakan platform bagi para seller, untuk belajar dan mengoptimalkan tokonya di Lazada melalui Lazada University dan Lazada Club.

Lazada juga memiliki beragam inovasi berbasis teknologi, mulai dari kanal livestreaming LazLive, berbagai bentuk permainan gim menarik, fitur Augmented Reality (AR) Beauty, hingga fitur chatbot e-Commerce berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence - AI) LazzieChat, dan asisten virtual LISA.

Dalam kesempatan yang sama, Ogie Baringbing, Head of Livestreaming Lazada Indonesia Lazada juga mengatakan, adanya pertumbuhan penjualan melalui livestreaming melalui kanal LazLive mencapai 200 persen pada bulan Oktober lalu.

“Data ini menunjukkan, bahwa kanal LazLive memiliki daya tarik yang kuat dan efektif dalam
mendukung penjualan. Hal lain yang juga membanggakan adalah, catatan rata-rata penjualan tertinggi selama bulan Oktober lalu didominasi oleh produk lokal Indonesia,” ujar Ogie.

Lazada Sediakan Sarana untuk Maksimalkan Livestreaming 

Bahkan bagi para seller, Lazada memberikan akses dan kemudahan untuk melakukan livestreaming di studio yang ada di kantor Lazada Jakarta.

Syarat yang harus dilakukan oleh seller adalah dengan membuat akun di Lazada Seller Center dan mengisi form khusus untuk mendapatkan antrean penggunaan studio.

Baca juga: Lazada Gelar Lazada Indonesia Seller Conference Level Up 2023

Keuntungan yang dapat diperoleh seller dengan memanfaatkan fitur LazLive dengan studio resmi Lazada, yakni tersedianya ruang studio khusus yang dilengkapi dengan beberapa perlengkapan, yang bisa digunakan seller untuk melakukan livestreaming, sehingga mereka dapat menarik lebih banyak perhatian konsumen.

Ogie menyatakan, “Sejak 2012 Lazada sudah melihat adanya ketertarikan terhadap produk lokal, dan sebagai salah satu pelopor hari belanja online nasional (harbolnas), kami memberikan dukungan penuh kepada seller lokal untuk bertumbuh secara maksimal bersama kami.” 

Selain dapat menggunakan studio yang tersedia di kantor Lazada Jakarta, Ogie juga mengungkap ada empat hal yang harus dilakukan seller, agar livestreming mereka menghasilkan keuntungan.

Baca juga: Mengenal Fitur Analisis Toko dari Lazada untuk Bantu Genjot Penjualan UMKM

“Pertama, seller harus membuat livestreaming sebagai sarana interaktif yang asyik bagi calon konsumen. Kedua, para seller harus proper dan tampil maksimal di hadapan calon konsumen," papar Ogie.

"Ketiga, dalam livestraming tidak hanya jualan, tapi harus ada sebuah pesan yang bisa disampaikan kepada para calon konsumen. Dan keempat, seller harus menguasai produk yang dijual, sehingga calon konsumen tertarik untuk berinteraksi dengan seller,” lanjutnya.

Di samping itu, Lazada juga memiliki komunitas talenta livestreamer di LazTalent yang juga menjadi kunci dalam mendukung penjual lokal yang ingin mengoptimalkan penggunaan fitur LazLive.

Para LazTalent yang tergabung di sini telah menjalani pelatihan dan pembinaan intensif dari Lazada, sehingga mereka dapat memanfaatkan setiap fitur di kanal LazLive dengan lebih efektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com