Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lazada Indonesia Siap Dongkrak Penjualan UMKM Lewat Fitur dan Program

Kompas.com - 25/10/2023, 18:51 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, R. KOMPAS.com – Era digitalisasi masih menjadi tantangan yang dihadapi oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Padahal, pelaku UMKM bisa mendapatkan potensi penjualan lebih besar dari seluruh Indonesia melalui era digital.

Menurut data We Are Sosial 2023, sebanyak 63 persen pengguna internet sudah melakukan transaksi melalui digital. Untuk itu, para pelaku UMKM dapat memilih platform eCommerce yang tepat seperti Lazada Indonesia.

Lazada Indonesia merupakan salah satu platform eCommerce yang berkomitmen untuk membantu UMKM dapat melakukan digitalisasi dengan mudah melalui berbagai program dan fitur yang disediakan oleh Lazada Indonesia.

Baca juga: 6 Alasan Pentingnya Inovasi Teknologi untuk Pengembangan Usaha

“Kami memberikan berbagai program dan fitur yang bisa didapatkan penjual baru, seperti Program gratis ongkos kirim (ongkir), diskon, voucher iklan, dan fitur bocoran peluang,” tutur Fitriah Rahmawati, Vice President, Business Development Lazada Indonesia pada Rabu (25/10/2023).

“Fitur jawara yang diberikan oleh Lazada yaitu gratis ongkos kirim (ongkir). Fitur ini sangat disukai oleh para penjual dan juga pembeli yang ada di Lazada,” lanjutnya.

Selain itu, Lazada Indonesia mempunyai program Lazada Club yang menjadi wadah bagi para penjual untuk berdiskusi. Saat ini, sudah ada 34 Lazada Club yang tersebar di 38 Provinsi yang ada di Indonesia.

Baca juga: AP II-InJourney Kembangkan Kawasan Wisata dan UMKM di Sekitar Bandara Kertajati

“Kita juga memfasilitasi para penjual yang mau belajar melalui Lazada University. Melalui Lazada University, kita akan mengadakan webinar online dan training offline untuk para seller,” ujarnya.

Bukan hanya itu, Lazada juga mempunyai logistik yang sudah terintegrasi yang akan mempermudah dan mempercepat pengiriman produk ke tangan konsumen.

Para pelaku UMKM yang baru berjualan di Lazada juga akan mendapatkan program gratis biaya komisi dan memberikan voucher untuk beriklan sebesar Rp 300.000 bagi penjual baru.

Baca juga: Start-up Asal Bogor Luncurkan Platform CMSmart Mobile untuk Permudah Belanja Stok di Warung Kelontong

Tak berhenti sampai situ, Lazada juga memberikan program inkubasi dengan membantu para seller baru selama 90 hari mengenai apa saja yang harus mereka lakukan ketika bergabung di Lazada.

Fitriah Rahmawati menuturkan, bagi para penjual lama jangan khawatir, Lazada juga memberikan fitur Laz Live. Laz Live merupakan fitur penjualan produk yang dapat dilakukan dengan Live Streaming.

Sejak 11 tahun bekiprah di Indonesia, Lazada memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk berjualan secara online dari Nol.

Baca juga: Peduli Lingkungan, Hartati Merintis Bisnis Sedotan dari Tanaman Purun

Seperti salah satu kisah sukses seller Lazada, Iera Hanira. Iera merupakan Owner Adorable Project yang memulai bisnis berdua dengan suami.

“Awalnya saya fokus ke produk dan hanya punya toko offline saja tidak punya toko online sehingga pasar saya itu-itu saja. Sejak bergabung di Lazada, saya bisa menggaet anak-anak muda yang menjadi pasar baru bagi kita,” tutur Iera Hanira.

Tak hanya Iera, Rio juga merasakan manfaat yang diberikan oleh Lazada. Rio merupakan founder dari Kahasil yang memulai usaha dengan menjadi dropshipper aksesoris handphone.

Baca juga: Menkop UKM: Teknologi Perdagangan harus Diatur agar Disrupsinya Tidak Liar

“Saya akhirnya berhenti menjadi dropshipper dan merantau ke Bandung untuk memulai usaha tas dan dompet yang dibantu oleh Tata sebagai penjahit. Usaha ini saya beri nama Kahasil,” jelasnya.

Rio memasarkan produknya secara mandiri dengan belajar melalui Lazada University dan fitur Bocoran Peluang yang memberikan informasi mengenai produk apa saja yang sedang dibutuhkan konsumen.

“Melalui fitur di Lazada, penjualan produk Kahasil mengalami peningkatan, seperti waist bag Kahasil yang sudah terjual sebanyak 1.000 pcs,” lanjutnya.

Baca juga: 5 Tips Mudah Sukses Memulai Usaha Jasa Salon Hewan

Fitriah Rahmawati menyatakan, pihaknya berharap kedepannya akan terus ada di Indonesia dan terus membantu pelaku UMKM untuk bisa naik kelas dan semakin sukses.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com