Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Pentingnya Inovasi Teknologi untuk Pengembangan Usaha

Kompas.com - 25/10/2023, 16:30 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Inovasi adalah kunci dalam suatu bisnis yang memiliki nilai penting. Inovasi perlu dilakukan secara terus menerus, tak terkecuali bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk perkembangan bisnisnya.

Tujuan dari inovasi adalah untuk menyempurnakan, memperbaiki, dan memberikan nilai tambah pada sesuatu yang telah ada sebelumnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kompas.com telah merangkum dari berbagai sumber, enam inovasi yang dapat dilakukan oleh UMKM untuk mengembangkan bisnis.

Baca juga: 3 Cara Inovasi Produk Bisnis Kuliner ala Pemilik Bakso Rusuk Joss

1. Pemasaran Digital

Pemasaran digital dapat memanfaatkan media sosial dengan melakukan iklan online dan kampanye email.

Dengan memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran secara digital, memungkinkan UMKM untuk menggapai khalayak yang lebih luas dengan biaya yang lebih rendah.

Terdapat banyak media yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pemasaran digital selain melalui iklan dan kampanye email, seperti melalui Instagram, Facebook, dan banyak media sosial lainnya untuk melakukan pemasaran digital.

Baca juga: 7 Manfaat SEO dalam Bisnis yang Wajib Diketahui

2. Gunakan E-commerce

Langkah lain yang tidak boleh dilewati bagi para pelaku UMKM adalah dengan membuka toko online atau berpartisipasi dalam platform e-commerce.

Berjualan di e-commerce memungkinkan para pelaku UMKM untuk menjual produk mereka secara online, mencapai pelanggan di berbagai lokasi, dan meningkatkan penjualan.

Hadirnya e-commerce menjadi media yang memudahkan pelaku UMKM untuk dapat memperluas jaringan pasarnya, sehingga bisa lebih dikenal oleh masyarakat dalam negeri.

3. Layanan Pembayaran Digital

Upaya untuk memajukan bisnis adalah dengan menerima pembayaran digital dan dompet digital.

Dunia digital saat ini sudah membuat segala transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan praktis, tanpa harus menggunakan uang kertas sebagai alat pembayaran.

Perkembangan ini sudah hampir merata di kalangan masyarakat, sehingga Anda sebagai pelaku usaha harus dapat mengimbanginya untuk kemajuan bisnis.

Dengan menyediakan pembayaran digital, akan sangat mempermudah transaksi dan meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam melakukan transaksi di toko Anda.

Baca juga: 7 Tips Memanfaatkan Psikologi Konsumen untuk Tingkatkan Penjualan

4. Inovasi Produk

Teruslah mengembangkan dan meningkatkan produk atau layanan. Anda bisa menciptakan varian baru, meningkatkan kualitas, atau menawarkan produk yang lebih ramah lingkungan.

Akhir-akhir ini, banyak masyarakat yang semakin menyadari pentingnya menjaga ekosistem alam dengan upaya mengurangi sampah.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com