Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marketplace Halu App Buka Peluang Konten Kreator Wibu Hasilkan Cuan

Kompas.com - 27/01/2024, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Marketplace online berbasis web dan aplikasi yang berfokus di bidang Anime, Comic, dan Gaming (ACG), Halu App memberikan peluang untuk para konten kreator wibu atau penggemar budaya Jepang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Para konten kreator baik pemula maupun profesional bisa menjual konten dan mendapatkan donasi uang di ekosistem Halu App.

"Untuk existing creator, dengan adanya platform Halu App bisa mempermudah mereka mendapatkan penghasilan dengan semua fitur yang ada di kami. Jadi ada tools mulai dari video, foto, dan streaming di Halu App," ujar Co-Founder Halu App, Andre Wijaya kepada Kompas.com di Jakarta beberapa waktu lalu.

Andre mengatakan, semua konten kreator berkategori ACG (Anime, Comic, Gaming) seperti fotografer, live streamer, ilustrator, gamer, music idol, V-tuber bisa bergabung ke Halu App. Mereka bisa bertemu dan memasarkan kontennya para penggemar atau konsumennya di Halu App.

"Kami tak membatasi jam terbang para konten kreator, tak membatasi jumlah follower. Kami hanya melihat pure potensinya mereka. Kurasinya case by case dan ada profiling konten kreator. Mereka harus cantumin Instagram, Tiktoknya. Kami ada tim untuk cek engangement rate-nya berapa, real atau tidak," kata Andre.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Digital yang Paling Cuan pada Tahun 2024

Sementara itu, Co-Founder Halu App, Marcell Tee menambahkan, para konten kreator anime bisa menjual digital photo pack dan voice note kepada para fans di Halu App. Selain itu, para konten kreator juga bisa menerbitkan wishlist yang bisa diwujudkan oleh para fans.

"Memang produk yang kami pikirkan bersama jadi bagaimana caranya orang mau beli foto mereka (konten kreator) itu tak perlu nunggu event tahunan. Jadi bisa beberapa bulan. Jadilah jual digital photo pack," tambah Marcell.

Andre menyebutkan, konten-konten yang dipasarkan di Halu App telah melalui proses kurasi yang ketat. Menurutnya, Halu App melarang konten kreator mengunggah konten dewasa dan SARA (Suku, Ras, Agama, dan Antargolongan). 

"Kami bisa proudly say di Halu App adalah we are the most family friendly platform untuk wibu di Indonesia. Karena dari daftar untuk kreator, ada kurasi," tambah Andre.

Selain itu, Halu App juga memfasilitasi para konten kreator untuk mendapatkan donasi saat melakukan live streaming. Andre mengklaim, saat ini sudah ada beberapa konten kreator yang sudah menghasilkan penghasilan hingga ratusan juta rupiah.

"Yang tertinggi di Halu App bulan lalu itu penghasilannya Rp138 juta. Dia rajin banget jual foto, lalu fansnya itu, saking nge-fans, ketika ada wish list-nya selalu dipenuhi. Dia lagi mau beli kamera, itu ada yang menuhi. Di Halu App award itu selama 5 minggu, itu dia sudah terima uang sekitar Rp200 juta," kata Andre.

Andre menegaskan, Halu App akan menjadi jembatan bagi para kreator ACG di Indonesia dengan brand ternama baik lokal maupun internasional. Ia menambahkan, Halu App juga memberikan pelatihan untuk para konten kreator agar bisa memaksimalkan konten yang menarik dan berpotensi untuk terjual.

Peluang Terbuka

Para Co-Founder Halu App, Marcell Tee (batik kanan); dan Andre Wijaya (batik kiri) bersama dua konten kreator anime.Dok. Halu App Para Co-Founder Halu App, Marcell Tee (batik kanan); dan Andre Wijaya (batik kiri) bersama dua konten kreator anime.

Andre mengatakan, potensi konten kreator anime di Indonesia untuk mendapatkan penghasilan tambahan sangat besar. Menurutnya, ada perbedaan yang mendasar antara konten kreator biasa dan konten kreator anime.

"Saya lihat ada perbedaan antara konten kreator biasa dan konten kreator cosplayer. Karena ada yang kami sebut itu emotional spending," kata Andre.

Saat konten kreator anime dan fans berinteraksi muncul koneksi yang bersifat emosional (emotional connection). Para fans akan merasakan sesuatu yang nyata saat bertemu karakter-karakter anime di dunia nyata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com