Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Peluang Bisnis untuk Masyarakat Pesisir

Kompas.com - 28/01/2024, 12:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Tinggal di kawasan pesisir bisa memberikan banyak peluang bisnis yang menjanjikan, terlebih jika Anda bisa memanfaatkannya dengan baik.

Apalagi saat ini bisnis di kawasan pesisir mulai mengalami banyak perkembangan. Misalnya seperti bisnis penginapan, kuliner, penyewaan alat-alat piknik, sewa perahu, dan sebagainya.

Dengan memaksimalkan potensi kawasan pesisir dari segi bisnis, ini akan membantu meningkatkan perekonomian setempat. Anda tinggal di kawasan pesisir dan tertarik untuk mulai berbisnis?

Dilansir dari Cermati.com, berikut ini beberapa peluang bisnis menguntungkan yang patut dicoba oleh masyarakat pesisir:

1. Usaha Penginapan

Buka penginapan di kawasan pesisir pantai juga punya peluang tak kalah menguntungkan dengan lokasi lainnya, terutama jika dikelola dengan serius. Apalagi jika di kawasan pesisir pantai tersebut punya pemandangan yang cantik dan mengesankan.

Tentunya akan membuat banyak pengunjung tertarik untuk menghabiskan malamnya menikmati suasana pantai.

Berhubung kawasan semacam ini terbilang cukup kompetitif, sehingga perlu dilakukan riset mendalam. Termasuk penyesuaian harga, hingga menyediakan furniture yang lengkap.

Jangan lupa, perhatikan juga soal desain interior dan eksteriornya, agar penginapan tersebut punya ciri khas yang otentik. Selanjutnya gunakan strategi promosi yang efektif, seperti menggunakan media sosial hingga media cetak untuk meningkatkan kesadaran merek.

2. Bisnis Penyewaan Alat Selam, Papan Seluncur dan Sejenisnya

Meningkatnya kunjungan ke pantai, tentunya juga membuat peluang bisnis di kawasan ini juga semakin tinggi. Salah satunya, bisnis penyewaan alat-alat selam, papan surfing dan sejenisnya.

Apalagi kegiatan snorkeling dan juga surfing mulai ramai digemari masyarakat, ditambah lagi jika kondisi pantai dan sekitarnya cukup mendukung. Sehingga bisnis penyewaan alat-alat selam dan surfing tersebut akan sangat menjanjikan keuntungan yang menarik.

Jangan lupa siapkan peralatan yang dibutuhkan calon pelanggan dengan selengkap mungkin, agar peluang keberhasilan bisnis ini semakin besar. Mulai dari sepatu katak (fins), alat snorkel, kacamata, baju renang khusus dan alat-alat pendukung lainnya.

Selanjutnya dukung dengan promosi yang tepat, misalnya dengan membuat website khusus untuk mempromosikan bisnis. Kemudian buat media sosial agar bisa membantu kegiatan promosi hingga bekerjasama dengan blogger maupun influencer.

3. Usaha Kuliner

Peluang bisnis lainnya yang tak kalah menarik untuk masyarakat pesisir adalah jualan makanan dan minuman. Pengunjung yang datang tentunya ingin mencoba kuliner atau jajanan khas dari tempat tersebut.

Temukan makanan khas dan unik di tempat Anda tinggal dan coba kembangkan untuk menarik minat pengunjung. Jika tidak ada bisa coba kuliner yang identik dengan suasana pinggir pantai. Contohnya seafood, cemilan, es kelapa muda dan lain sebagainya.

Bisnis ini bisa dimulai dengan modal minim sesuai budget dan kemampuan keuangan yang dimiliki. Jika belum cukup modal untuk sewa tempat berjualan, bisa mulai menggunakan rumah sendiri lebih dulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com