Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membuat Rencana Bisnis

Kompas.com - 25/01/2024, 10:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Tak sedikit pelaku usaha kecil yang menganggap business plan atau rencana bisnis, bukanlah hal penting dalam membangun bisnis.

Padahal, rencana bisnis merupakan acuan untuk mencapai tujuan bisnis. Kebanyakan bisnis yang sukses memiliki rencana bisnis sebagai fondasi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pelaku usaha untuk melakukan riset dan menyusun rencana bisnis. Namun demikian, pastikan membuat rencana bisnis yang tepat, dengan menghindari beberapa kesalahan berikut dalam menyusun rencana bisnis.

Baca juga: Apa Itu Business Plan? Ini Pengertian dan Fungsinya

1. Berpikir orang lain tahu tentang bisnis Anda

Jangan berasumsi bahwa orang lain, termasuk calon pemberi pinjaman tahu tentang bisnis Anda.

Anggap saja mereka tidak tahu apa-apa, setidaknya tentang bisnis yang Anda jalani, sehingga Anda harus memberikan penjelasan sedetil mungkin.

Mintalah seseorang yang tidak berkecimpung dalam bisnis Anda untuk membaca rencana bisnis Anda dan mengajukan pertanyaan kepada Anda. Kemudian masukkan pertanyaan-pertanyaan tersebut ke dalam rencana bisnis, agar Anda bisa menyiapkan strategi untuk menghadapinya.

Pasalnya, jika pelanggan bingung atau tak memahami produk Anda, maka ia tidak akan membeli, sementara calon investor yang tak mengerti produk Anda, tidak akan memberikan pinjaman.

2. Tidak menuliskan angka yang sesuai

Jika rencana bisnis Anda menyatakan, bahwa Anda menginginkan Rp 150.000 dan laporan keuangan Anda menunjukkan bahwa Anda membutuhkan Rp 190.000, calon pemberi pinjaman akan mempertanyakan kompetensi Anda.

Oleh karena itu, sangat penting memastikan setiap angka yang ditulis dalam rencana bisnis adalah angka yang sesuai.

Contoh lain, jika Anda membahas tentang memiliki tiga karyawan, namun arus kas Anda hanya menunjukkan gaji untuk satu orang, maka Anda memiliki kesalahan konsistensi.

Mintalah seseorang untuk memeriksa rencana bisnis Anda, untuk melihat semua angka dan memastikan angka-angka tersebut sesuai dengan dana yang dibutuhkan.

Masalah lain ketidakjelasan dalam menggunakan angka, yakni tak menyebutkan waktu secara jelas. Jangan pernah mengatakan, "Kami akan segera mendapat untung." Tapi, katakana dengan pasti,”Kami akan mendapatkan untung, setidaknya dalam dua tahun.”

Baca juga: Teten Masduki Usul Mahasiswa Bisa Susun Rencana Bisnis untuk Gantikan Skripsi

3. Tidak memastikan semuanya sempurna

Masih banyak orang yang beranggapan salah ketik, salah eja, penggalan kalimat, dan kesalahan kecil dan besar lainnya dalam penulisan bukanlah kesalahan besar dalam menyusun rencana bisnis.

Misalnya, dalam rencana bisnis terlihat berganti-ganti jenis huruf, dari Arial ke Tahoma; rencana lain berubah dari orang pertama ke orang ketiga. Adanya kesalahan dalam rencana bisnis Anda, akan mengirimkan pesan kepada orang lain, bahwa Anda tidak peduli dengan detailnya.

4. Tidak ada kejelasan arus kas

Bisnis Anda bisa saja untung dan bisa saja tidak memiliki uang tunai. Tanpa arus kas yang positif selama periode waktu tertentu, bisnis Anda tidak akan memiliki kemampuan untuk membayar tagihan atau kelangsungan hidup jangka panjang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com