Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Kamu Harus Membuat Business Plan

Kompas.com - 23/03/2023, 10:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mungkin beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya business plan.

Ya, dokumen yang satu ini berisikan perencanaan mengenai suatu bisnis. Business plan seringkali disebut sebagai salah satu aspek penting yang perlu dipersiapkan pada saat akan memulai sebuah bisnis.

Pada umumnya, business plan akan berisikan deskripsi bisnis, tujuan, target pasar, strategi pelaksanaan, perencanaan biaya, dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat).

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membangun Bisnis Online

Singkatnya, dengan membuat business plan, kamu akan terbantu dalam mengelola dan menjalankan bisnis.

Kamu dapat mengetahui ke mana arah tujuan bisnismu akan berjalan dan apa tujuan yang ingin dicapai, baik secara garis besar maupun lebih detail.

Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu perlu membuat business plan, seperti yang dilansir melalui thebalancemoney.com :

Baca juga: 9 Kesalahan yang Harus Dihindari Pelaku Usaha Saat Membangun Bisnis

1. Untuk mengetahui kelayakan ide

Melalui poin yang pertama ini, kamu dapat mengetahui apakah ide bisnis yang kamu miliki dapat bertahan, mampu bersaing, dan sejauh apa bisa berjalan secara berkelanjutan.

Jika dalam perencanaannya diketahui bahwa ada kendala, misalnya peluang sedikit dan kemungkinan untuk bertahan sangat kecil, maka kamu dapat menghentikannya dan mencoba ide bisnis lain yang lebih menguntungkan.

Hal ini dapat menghemat waktu dan uang yang kamu miliki. Semakin banyak yang kamu ketahui tentang bisnis yang akan kamu jalani, semakin bagus untuk melihat seberapa besar peluang kesuksesan bisnismu.

2. Untuk mendapatkan peluang sukses terbesar

Melalui business plan, kamu dapat mengetahui apa tujuan yang ingin dicapai, bagaimana caranya, apa kendala yang mungkin terjadi, bagaimana mencari celah atau peluang untuk menonjolkan bisnismu dari kompetitor lainnya, siapa yang menjadi target pasar, dan sebagainya.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Bisnis Diingat Pelanggan? Ikuti 5 Tips Ini

3. Untuk meminimalisir kesalahan dalam pendanaan

Biaya merupakan salah satu hal yang krusial dalam melakukan bisnis. Setiap bisnis pasti memerlukan modal meskipun jumlahnya sedikit.

Business plan juga akan membantumu memastikan jumlah uang yang dibutuhkan sama dengan jumlah uang yang dimiliki, seberapa besar keuntungan yang nanti kamu dapatkan, seberapa lama modalmu akan kembali, dan semacamnya.

Hal ini juga meminimalisir penggunaan uang berlebihan sehingga dapat menyebabkan bisnis berhenti di tengah jalan.

4. Untuk mengelola bisnis secara efektif

Seiring berjalannya waktu, business plan tak hanya penting bagi kamu yang baru mau memulai sebuah bisnis, tetapi juga bisnis yang sudah berjalan.

Melalui perencanaan yang dibuat, nantinya setelah bisnis berjalan, kamu dapat terus berkembang dengan melihat apakah sudah sesuai antara perencanaan dan realita yang terjadi?

Apakah cara yang direncanakan sebelumnya sudah berjalan dengan baik sehingga mampu mencapai target yang dituju?

Ini juga meminimalisir kamu hilang arah saat sedang menjalankan bisnis karena kamu sudah membuat perencanaan sebelumnya.

5. Untuk menarik investor

Poin tambahan, jika kamu ingin menarik investor untuk bergabung ke dalam bisnismu, maka business plan yang tersusun secara rapih dan baik akan membantu kamu untuk memenuhi hal tersebut.

Sebelum melakukan investasi, pasti mereka ingin menganalisis terlebih dahulu bisnis milikmu dan melihat seberapa meyakinkan bisnis yang kamu tawarkan tersebut.

Baca juga: 3 Kunci Sukses Membangun Bisnis dari Peserta IFEX 2023 yang Bisa Ditiru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com