Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Sukses Jasin Roesli, Kembangkan Perusahaan yang Berawal dari Toko Kelontong

Kompas.com - 12/02/2024, 16:14 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbisnis harus memiliki strategi yang matang agar usaha yang dijalankan berkembang dan kompetitif. Tanpa itu, seorang pengusaha bisa kalah bersaing dengan kompetitor yang menawarkan barang dengan kualitas dan kuantitas yang hampir sama.  

Hal ini pula yang diterapkan oleh Jasin Roesli, founder PT Mentari Jasindo Sentosa yang memiliki brand Mesin HL dengan omzet ratusan miliar dalam setahun. Sebelumnya, dia merupakan pemilik toko di kawasan Glodok, Jakarta Barat.

Dalam sebuah perbincangan dengan Komunitas Tangan di Atas (TDA), Jasin mengutarakan rahasia berbisnis yang dia terapkan, yaitu “tidak mencari untung”.

Baca juga: Cerita Robby Herdian, Gagal Berbisnis Pertanian tapi Sukses Berjualan Kue Kering

Jasin bercerita tentang rahasianya berjualan produk-produk yang harga dan kualitas barang mirip dengan para kompetitornya.

"Pada awalnya, untuk mendapatkan pelanggan yang banyak saya tidak segan-segan untuk menjual rugi barang dagangannya. Kerugian ini pada akhirnya digantikan dengan keuntungan setelah meraih hati banyak pelanggan," kata Jasin saat menerima kunjungan komunitas TDA, Jumat (26/1/2024).

Meski demikian, Jasin juga menekankan pentingnya perhitungan dalam mengambil keputusan. Beberapa hal tersebut ditambah konsistensinya dalam terus belajar mengikuti perkembangan zaman.

Hal ini pula yang membuat usaha Jasin bertumbuh pesat sampai akhirnya dapat berevolusi menjadi perusahaan perdagangan besar mesin, peralatan, dan perkakas teknik yang memiliki merek sendiri.

Tidak Berpuas Diri

Untuk mencapai visi menjadi perusahaan perkakas teknik terbesar di Indonesia, Jasin berupaya untuk terus mengembangkan sayap pelayanannya ke seluruh Indonesia. Dia tidak pernah merasa puas dengan 12 service center yang telah tersebar di kota-kota di seluruh Indonesia.

"Kami berencana untuk membuka lebih banyak lagi service center di seluruh Indonesia untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan," ujar dia.

Baca juga: Dukung Produk Lokal UMKM, Kemenparekraf Kembali Luncurkan Warung Rojali

Selain mengembangkan layanan, Jasin juga mengutarakan keinginannya menjadikan brand Mesin HL menjadi “Top Of Mind” untuk perkakas mesin di Indonesia.

Sementara itu Ketua Komunitas TDA Jakarta Barat, Syafli Antia berharap komunitasnya dapat mengadakan acara-acara serupa secara rutin ke depannya.

"Para pengusaha lain yang belum bergabung juga didorong untuk ikut menjadi member TDA secara gratis dengan menghubungi akun Instagram @tdajakbar," ungkap dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com