Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Memulai Bisnis Dekorasi Kue? Coba Simak Tips Ini

Kompas.com - 28/02/2024, 10:30 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisnis yang melibatkan kreativitas tidak hanya membuat kerajinan tangan, desain grafis, dan sebagainya. Jika Anda sedang memikirkan opsi lain, bisnis dekorasi kue dapat menjadi pilihan.

Skill dekorasi kue tentunya sangat dibutuhkan. Ada macam-macam kue yang dapat dijadikan sebagai objek dekorasi. Misalnya kue pernikahan dan kue ulang tahun. Dua acara tersebut sering diadakan sehingga peluang bisnis dekorasi kue terbuka lebar.

Jika Anda ingin membuka bisnis dekorasi kue untuk pertama kalinya, tentu ada tips yang harus diperhatikan. Tips diperlukan agar bisnis dekorasi kue dapat berjalan lancar. Anda bisa mendapatkan tips tersebut melalui artikel berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Tips Mengembangkan Usaha ala Pemilik Istana Kue

1. Fokus pada Pasar Tertentu

Ketika ada keinginan untuk membuka bisnis dekorasi kue, Anda harus pikirkan mana pasar yang ingin menjadi fokus utama. Ada berbagai macam pasar untuk dekorasi kue, misal kue pernikahan, kue ulang tahun, atau kue untuk acara lainnya.

Jika Anda tertarik pada dekorasi kue pernikahan, maka fokus pada pasar dekorasi kue pernikahan saja. Sebagai pemula, Anda dapat fokus pada target pasar yang spesifik.

2. Lakukan dengan Konsisten

Dalam bisnis dekorasi kue, diperlukan sikap konsisten. Anda diharapkan konsisten dalam berbagai hal. Misalnya menjaga konsistensi skill dekorasi yang baik dan konsisten menentukan target pasar.

Baca juga: 4 Tips Ampuh untuk Memulai dan Mengembangkan Bisnis Kue Basah

Di samping konsistensi, juga diperlukan kesabaran. Bisnis dekorasi kue memang harus dilakukan dengan perlahan dan konsisten. Tentunya bisnis dekorasi kue membutuhkan waktu berkembang untuk mencapai kondisi yang diinginkan.

3. Selalu Ingat untuk Daftarkan Merek Bisnis

Saat memulai bisnis dekorasi kue, jangan lupa untuk daftarkan merek dagang Anda. Hal ini diperlukan agar merek Anda tidak digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Misalnya jika ada yang menggunakan merek Anda untuk produk palsu.

Selain itu, mendaftarkan merek sangatlah penting sebagai bentuk upaya si pemilik usaha untuk melindungi bisnisnya. Anda perlu melindungi merek dagang agar tidak menimbulkan kerugian bagi Anda sendiri.

Baca juga: 5 Kiat Sukses Berbisnis Kue ala Ratri Wulan, Pemilik Yummie Cakery

4. Manfaatkan Media Sosial

Anda memiliki media sosial? Gunakan media sosial Anda untuk menjaring calon-calon klien. Melalui media sosial, followers akan mengetahui bahwa Anda sedang merintis usaha dekorasi kue. Siapa tahu mereka dapat menginformasikan pada orang lain yang sedang membutuhkan jasa dekorasi kue.

Jika diperlukan, Anda dapat membuat akun media sosial khusus untuk bisnis. Anda dapat menyimpan katalog dekorasi kue, testimoni dari klien, serta potret hasil karya dekorasi kue.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com