Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kiat Sukses Berbisnis Kue ala Ratri Wulan, Pemilik Y'ummie Cakery

Kompas.com - 03/10/2023, 16:47 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai kue dan berbagai jenis manisan. Hidangan ini biasanya digunakan sebagai hidangan pencuci mulut.

Bukan hanya itu, kue dan desert disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga orang dewasa.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini juga terbilang sangat sedikit, kamu bisa memulai usaha cake dan desert hanya dengan modal di bawah Rp 1 juta.

Berminat untuk memulai usaha cake dan desert? Simak 5 kiat sukses berikut ini seperti yang disampaikan oleh Ratri Wulan Wahyuni, owner dari Y’ummie Cakery.

1. Jujur

Salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis yaitu jujur. Dalam bidang makanan dan minuman, kamu sebagai pelaku UMKM harus berbicara secara jujur mengenai jenis bahan apa yang digunakan.

“Tips yang pertama itu kejujuran. Kalau kita mengiklankan produk kita, berikan deskripsi secara jujur sesuai dengan tingkatan bahan yang digunakan, kalau premium bilang premium, kalau ekonomis bilang ekonomis. Jangan bahan yang digunakan ekonomis tapi bilangnya premium,” kata Ratri Wulan Wahyuni, Selasa (3/10/2023).

2. Modal Yang Dibutuhkan

Modal awal yang dibutuhkan yaitu dibawah Rp 1 juta sudah bisa memulai usaha ini. Modal tersebut kamu gunakan untuk membeli oven tangkring kecil ukuran 30 cm x 30 cm seharga Rp 120.000, mixer, dan berbagai bahan pembuatan kue dan desert.

Modal yang digunakan akan sangat menentukan bahan yang digunakan, kalau ingin menggunakan bahan premium seperti butter maka biaya yang dikeluarkan lebih besar dibanding menggunakan bahan ekonomis seperti margarin.

3. Tentukan pangsa pasar

Sebelum memulai usaha, kamu terlebih dahulu menentukan siapa pangsa pasar usahamu. Pangsa pasar ini bisa ditentukan dari letak geografis, usia, pekerjaan, tingkat pendidikan, daya beli, dan lain-lain.

Mayoritas pelaku UMKM cake dan desert pemula menargetkan kalangan menangah ke bawah karena daya belinya cukup tinggi dan populasi yang banyak.

4. Harga sesuai bahan

Kamu bisa menentukan harga jual sesuai dengan bahan yang digunakan dalam pembuatan kue. Bukan hanya itu, kamu juga bisa melihat harga kompetitor sebagai bahan dasar untuk menentukan harga jual produk usahamu.

5. Inovasi Produk

Inovasi produk pastinya selalu dilakukan oleh pelaku UMKM agar usahanya dapat bertahan dan berkembang ditengah derasnya ombak persaingan. Karenanya, kamu terus ciptakan inovasi produk mulai dari bentuk produk, jenis, cita rasa, pengemasan, dan juga cara menjual. Pastikan inovasi produkmu tetap menjaga kualitas produk usahamu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com