Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Genjot Pendapatan Usaha Secara Online? Simak Strategi Berikut

Kompas.com - 14/03/2024, 17:49 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Di zaman serba digital, banyak hal yang bisa dilakukan secara online, termasuk dalam sebuah bisnis dalam persoalan meningkatkan pendapatannya.

Hal ini pula yang membuat UMKM beralih ke platform online untuk meningkatkan pendapatan

Bagi Anda yang juga ingin meningkatkan penghasilan dengan memanfaatkan platform digital, ada sejumlah langkah yang bisa dicoba, sebagaimana ilansir dari The Balance Money.

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Produktivitas Usaha

1. Menggunakan E-Commerce

Jika Anda mempunyai usaha sendiri, Anda mungkin dapat mulai menjualnya di platform yang sudah populer seperti shopee, Tokopedia, dan lainnya. Setelah Anda telah sukses membangun e-commerce menggunakan perantara yang ada, pada akhirnya Anda bisa menggunakan situs belanja Anda sendiri.

Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur dari e-commerce untuk memperkenalkan bisnis Anda dan meningkatkan penjualan Anda. Fitur itu adalah gratis ongkir, iklan, dan lain sebaginya.

Hal ini merupakan cara meningkatkan penjualan secara online, karean Anda tidak harus membuka toko fisik atau pergi ke lapangan untuk mempromosikan usaha Anda.

Baca juga: 7 Alasan Pentingnya E-Commerce untuk UMKM

2. Menggunakan Affiliate

Affiliate marketing merupakan suatu bentuk pemasaran dimana ada seseorang yang memperoleh keuntungan setelah mempromosikan produk tertentu. Dengan memiliki banyak afiliasi, Anda akan membuka pekerjaan baru bagi banyak orang.

Untuk melakukan hal tersebut, Anda harus menyediakan konten yang mungkin dapat menarik orang-orang yang tertarik untuk menarik mereka mengunjungi link yang Anda tautkan.

Misalnya, Anda mungkin menulis atau membuat video tentang konten yang sedang viral, misal makanan, Anda dapat menautkan link produk Anda, dengan cara yang dioptimalkan untuk mesin pencari.

Baca juga: 11 Strategi Ampuh Meningkatkan Pemasaran Bisnis Waralaba

3. Melakukan Survei secara Online

Untuk meningkatkan pendapatan secara online, Anda dapat melakukan survei untuk menemukan suati jawaban atas permasalahan UMKM Anda. Anda dapat menyebarkan surveinya secara online di media sosial, dan meminta responden yang sesuai kriteria Anda untuk mengisinya.

Pastikan Anda memilih responden yang sesuai. Anda juga dapat memberikan reward berupa barang ataupun uang agar semakin banyak yang mengisi. Hal ini sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar agar dapat memperbarui dan memperbaikki suatu hal dari perusahaannya.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com