Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Bisnis Parsel Lebaran ala Owner SJ Store

Kompas.com - 19/03/2024, 15:36 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang lebaran, banyak orang mulai mencari pernak-pernik yang berkaitan dengan momen Lebaran nanti, seperti kue-kue kering, baju muslim, hingga parsel lebaran. Saat ini sering dijumpai orang yang menjual produk-produk tersebut.

Salah satunya adalah Vigo (22), seorang mahasiswa yang menjual lebaran dengan nama brand SJ Store. Ia menjual parsel miliknya secara online, tetapi juga membuka toko offline di daerah Jakarta Utara. Kali ini, ia juga membuka toko offline di Tanah Abang. 

Ketika wawancara bersama Kompas.com pada Senin (18/3/2024), Vigo membagikan tips berbisnis parsel bagi para anak muda seperti gen milenial dan gen Z. Simak tipsnya melalui artikel berikut ini.

Baca juga: Penting! Lakukan Hal ini Agar Bisnis Parsel Dilirik Pelanggan

1. Banyak Eksplor Desain Parsel

Vigo menyebut bahwa untuk membuat desain parsel yang menarik, harus banyak eksplor untuk mendapatkan inspirasi. Caranya adalah dengan sering mengunjungi toko yang menjual parsel atau bunga. 

Dengan sering melakukan eksplor ke berbagai toko tersebut, akan banyak referensi desain parsel  yang didapat. Nantinya kamu juga bisa membuat parsel dengan jenis yang beragam dan menarik perhatian calon pembeli.

2. Kerja Cerdas dan Kerja Keras

Dalam menjalankan usaha, tidak hanya diperlukan kerja keras, tetapi juga kerja cerdas. Menurut Vigo, hal ini sebagai bentuk upaya realistis dalam menghadapi dunia bisnis. 

Baca juga: Blibli Hadirkan Kuliner Khas dan Parsel Lebaran Produk UMKM Jateng

Kerja cerdas yang dimaksud oleh Vigo adalah mampu melihat peluang bisnis parsel di pasar. Sebagai seorang pebisnis, harus pandai membaca peluang agar mendapatkan hasil yang diinginkan serta mencapai target pasar. 

3. Harus memiliki Niat dalam Diri Sendiri

Lebih lanjut, Vigo menyebut bahwa dalam menjalankan bisnis diperlukan niat yang kuat. Hal ini nantinya akan membuat pebisnis fokus dalam mengerjakan produk bisnis dan tidak mudah menyerah. 

Selain itu, dengan niat yang kuat, seorang pebisnis akan memberikan effort untuk mengembangkan bisnis. Seperti yang disebutkan oleh Vigo, yaitu banyak belajar dan eksplor desain parsel agar parsel memiliki berbagai jenis yang terus dikembangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com