Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari 4 Kesalahan Ini agar Bisnis Tidak Merugi Jelang Lebaran

Kompas.com - 18/04/2023, 17:03 WIB
Rheina Arfiana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber jurnal

KOMPAS.com – Menjelang lebaran, persaingan bisnis semakin ketat. Para pelaku bisnis berlomba menawarkan promosi produk demi menarik pelanggan. Apalagi pada momen ini, orang-orang cenderung berbelanja lebih banyak.

Namun hati-hati, jangan sembarang memberi promosi tanpa perhitungan tepat, karena justru bisa menyebabkan bisnis merugi.

Penting bagi pelaku bisnis untuk menyusun strategi bisnis menjelang lebaran, agar usaha yang dimiliki meraup lebih banyak keuntungan, bukan merugi.

Baca juga: Cara Sukses Menarik Pelanggan Lewat Promo Lebaran

Berikut ini beberapa hal yang mesti dihindari, supaya bisnis tidak mengalami kerugian menjelang lebaran.

1. Kurangnya kemampuan manajemen kelola bisnis

Pada sebagian bisnis UMKM, manajemen yang buruk bisa menyebabkan kegagalan karena kurangnya atau tidak mempunyai kemampuan untuk melakukan kinerja secara baik.

Sebagai pemilik bisnis, kurangnya kemampuan dalam menjalankan bisnis bisa berakibat fatal karena sangat memengaruhi jalannya bisnis.

Untuk itu, kamu harus mempunyai pengetahuan yang kompeten dan pemahaman, serta penilaian yang baik untuk menjalankan bisnis.

2. Salah mengelola persediaan produk

Bagi pelaku bisnis, investasi terbesar ialah persediaan produk atau pengelolaan stok barang di gudang. Akan tetapi, tanggung jawab pada pasokan produk seringkali diabaikan.

Padahal, jumlah persediaan yang tidak memenuhi permintaan bisa membuat pelanggan kecewa dan beralih membeli produk yang sama ke pesaing.

Di sisi lain, memiliki persediaan produk berlebih tapi tidak sesuai permintaan pasar, juga bisa memunculkan kerugian bisnis menjelang lebaran.

Ketika momen Ramadhan dan lebaran, usahakan tidak kehilangan kesempatan emas dengan mengabaikan pasokan produk. Sebaiknya, selalu periksa dan kelola keadaan persediaan barang dengan baik bila ingin bisnis meraup keuntungan menjelang lebaran.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Hampers Jelang Lebaran yang Cocok Dicoba

3. Menghindari strategi marketing yang lemah

Selanjutnya kesalahan yang sering dilakukan pebisnis ialah tidak mempunyai kemampuan menyusun dan melakukan strategi pemasaran produk dengan baik.

Sedangkan, kegiatan pemasaran menjadi salah satu cara untuk meningkatkan omzet dalam jangka panjang.

Tidak sedikit yang kesulitan memahami perbedaan strategi penjualan dan strategi pemasaran.

Strategi penjualan berfokus pada kegiatan untuk meningkatkan penjualan produk, tujuannya menjual produk sebanyak-banyaknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com