Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sukses Menarik Pelanggan Lewat Promo Lebaran

Kompas.com - 17/04/2023, 09:05 WIB
Rheina Arfiana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber jurnal

KOMPAS.com – Bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri adalah momen penting yang selalu dinantikan banyak orang, terutama umat muslim.

Selain karena momen keagamaan, lebaran menjadi waktu yang tepat dalam berbisnis untuk mengadakan promo yang bisa menarik pelanggan.

Ini karena biasanya, di bulan Ramadhan, pelanggan mencari produk atau jasa yang sesuai untuk merayakan hari raya bersama keluarga dan saudara.

Oleh karena itu, penting bagi para pemilik bisnis untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan jika ingin memberikan promo lebaran.

Baca juga: Mau Buka Usaha Setelah Lebaran? Ini 7 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba

Agar bisa memaksimalkan keuntungan dari promo lebaran, berikut ini beberapa tahapan yang harus dilakukan.

1. Amati perilaku pelanggan ketika menjelang lebaran

Biasanya pelanggan melakukan pembelian lebih banyak ketika menjelang lebaran. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu hal untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis menjelang lebaran.

Karena tersedianya Tunjangan Akhir Tahun (THR), pelanggan cenderung tak terlalu perhitungan soal harga. Dengan begitu, tingkatkan layanan dan kualitas produk yang ditawarkan.

2. Atur waktu promosi secara online

Selanjutnya ada waktu-waktu tertentu di mana pelanggan lebih banyak mengakses internet selama bulan Ramadhan, yakni waktu sahur, siang hari, dan menjelang buka puasa.

Di waktu-waktu tersebut, tepat untuk melakukan promosi secara online. Selain itu, waktu istirahat saat kerja di bulan Ramadhan juga sering dimanfaatkan untuk mengakses internet.

Baca juga: 5 Strategi Marketing untuk Naikkan Penjualan di Bulan Ramadhan

3. Buatlah konten promosi yang menarik

Membuat konten promosi yang menarik, di mana didalamnya menggambarkan situasi bulan Ramadhan dan nuansa menyambut hari raya Idul Fitri.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara menghormati umat beragama Islam. Misalnya, menampilkan desain khas Ramadhan seperti bulan sabit di dalam konten.

4. Lakukan promosi secara online dan offline

Cara terakhir dengan melakukan promosi secara online dan offline, di mana sosial media membawa pengaruh yang besar untuk bisnis. Tidak hanya memperkenalkan produk, tapi juga bisa memberikan informasi tentang promo lebaran.

Tampilkan informasi promo dengan menarik, sehingga informasi lebih mudah sampai ke calon pelanggan.

Baca juga: Mengenal Marketing 4C agar Bisnis Bisa Bertahan di Era Digital

Selain itu, bisa memasarkan produk secara offline Dengan menyebarkan brosur, pemasangan baliho dan lainnya.

Gunakan jenis strategi pemasaran yang beragam supaya bisa memperkenalkan produk secara lebih luas dan produk lebih banyak terjual.

Itulah empat tahapan yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan dari promo lebaran, selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber jurnal
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com