Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jasa Konsultan yang Dibutuhkan Sebuah Bisnis

Kompas.com - 23/05/2024, 09:10 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Seorang pemilik bisnis kecil atau menengah, biasanya masih terlibat dalam semua sektor operasional bisnisnya dari hulu ke hilir. Mulai dari produksi, pemilihan lokasi jualan, hingga kepada pemasaran.

Pasti ada satu atau dua sektor yang miss atau tak terpantau. Salah satu solusi yang dapat dipilih untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan jasa konsultan.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Merekrut Karyawan untuk Usaha Anda?

Konsultan dapat membantu owner dalam mengelola area yang membutuhkan waktu lebih untuk dicurahkan atau keahlian yang tidak dimiliki. Menggunakan jasa konsultan akan memberikan kamu pengetahuan dalam satu bidang, sesuai dengan kebutuhan.

Perlu ditekankan, bahwa kamu tak harus menyewa semua jasa konsultan dalam waktu bersamaan. Kamu hanya perlu menyewa satu atau dua bidang yang menurutmu sangat membutuhkan perhatian.

Dilansir dari The Balance Money, berikut lima jasa konsultan yang bisa kamu pilih;

1. Jasa Konsultan Akuntansi (Pembukuan)

Keuangan bisnis merupakan pilar penting. Pengeluaran atau pemasukan perlu tercatat dalam pembukuan bisnis.

Namun, tidak semua pemilik bisnis memahami pencatatan keuangan atau urusan akuntansi dengan baik. Sebagai pemilik, kamu bisa memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan akuntasi atau pembukuan bisnis.

Konsultan akuntansi akan menasehati kamu mengenai pajak yang harus dibayarkan, memotong pengeluaran anggaran yang tidak perlu, keuangan yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis, dan masih banyak lagi.

2. Konsultan IT (Information Technology)

Information Technology (IT) adalah salah satu bidang yang paling cepat berubah dalam bisnis karena teknologi baru pasti mempengaruhi perangkat atau sistem yang digunakan bisnis. Apalagi, jika bisnismu merupakan bisnis online yang menggunakan website atau aplikasi secara khusus.

Banyak pemilik usaha di luar sana yang masih gaptek alias gagap teknologi. Jadi mereka sama sekali tak mengerti urusan teknologi bisnisnya.

Menggunakan jasa konsultas IT merupakan langkah yang tepat, karena mereka bisa memberikan pengetahuan dan pelatihan tentang sistem perangkat keras dan lunak.

Mereka juga bisa memberikan saran tentang pembaruan teknologi atau metode penggunaan teknologi untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

3. Konsultan HR (Human Resources)

Mengatasi masalah yang berkaitan dengan karyawan bukanlah hal yang mudah dan bahkan memakan waktu. Bagi bisnis kecil atau menengah, merekrut HR bukanlah solusi yang membantu, karena mereka tidak punya budget untuk membayar seorang HR resmi.

Kamu bisa pertimbangkan untuk mengonsultasikan permasalahan karyawan bisnis Anda dengan seorang konsultas khusus di bidang HR. Mereka bisa merekomendasikan terkait perekrutan, orientasi, dan pelatihan karyawan yang tepat.

Baca juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Rekan Bisnis

4. Konsultan Marketing

Pemasaran adalah kebutuhan nomor satu bagi bisnis. Bisnis yang sukses pasti mempunyai strategi marketing yang baik, yang akhirnya bisa populer.

Konsultan marketing bisa membantumu untuk mengatur masalah pemasaran bisnis. Konsultan akan merancang dan melaksanakan campaign pemasaran serta memberikan saran yang tepat dalam mempromosikan bisnismu.

5. Konsultan Hukum

Banyak kasus bisnis di luar sana yang terjerat kasus dan harus melewati jalur hukum. Terutama dalam kasus plagiarisme ide bisnis.

Berkonsultasi dengan konsultan hukum akan sangat membantumu untuk memahami cara kerja hukum. Mereka akan menasehatimu dan memberikan solusi yang terbaik.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com