Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Menciptakan Keterlibatan Pelanggan

Kompas.com - 31/05/2024, 13:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Keterlibatan (engagement) pelanggan adalah hal yang penting bagi bisnis, apalagi bisnis kecil atau menengah. Keterlibatan pelanggan merupakan salah satu cara bisnis kecil atau menengah bersaing di Tengah persaingan bisnis yang sangat ketat.

Keterlibatan pelanggan yang efektif tidak hanya meningkatkan penjualan tetapi juga memperkuat loyalitas pelanggan.

Pada akhirnya keterlibatan itu akan mendukung pertumbuhan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Baca juga: 3 Tips Membangun Kepercayaan Pelanggan

Jika melihat bisnis kecil yang sukses di luar sana, mereka pasti aktif berinteraksi dengan pelanggan-pelanggannya. Berikut tiga tips menciptakan keterlibatan pelanggan untuk bisnis Anda;

1. Personalisasi Pengalaman Pelanggan

Personalisasi yang dimaksud adalah tentang mengerti dan menyediakan apa yang dibutuhkan pelanggan Anda. Anda perlu mengantisipasi dan memahami preferensi mereka untuk menunjukkan bahwa Anda memperhatikan mereka.

Pelajari apa yang mereka telah beli atau pakai dari produk bisnis Anda, kemudian Anda harus menyiapkan atau merekomendasikan hal-hal yang serupa dengan pembelian pertama mereka.

Anda juga bisa membuat program loyalitas yang memberi insentif bagi mereka untuk kembali dan berbelanja di toko Anda.

2. Dengarkan Kritik atau Saran Pelanggan

Pemilik bisnis kecil maupun besar harus bisa menciptakan dialog terbuka dengan pelanggan mereka. Komunikasi dua arah akan membantu meningkatkan kepercayaan dan transparansi yang lebih dalam.

Hal ini akan membuat pelanggan merasa diperhatikan, didengar, dan dihargai. Kritik dan saran adalah hal yang sangat berharga bagi sebuah bisnis.

Kritik dan saran pembeli merupakan hal yang akurat, karena mereka lah yang telah memakai produk atau layanan Anda. Mendengarkan kritik dan saran dapat membantu bisnis Anda untuk improve.

Baca juga: 3 Strategi Menjaga Loyalitas Pelanggan ala Owner Smart Perfume

3. Gunakan Media Sosial

Media sosial digunakan bisnis untuk berinteraksi secara langsung tanpa bot atau AI yang membalas pesan-pesan pelanggan yang masuk. Media sosial yang menghadirkan fitur obrolan dapat membangun hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan.

Anda bisa mempertimbangkan untuk memposting konten tentang diri Anda (sebagai owner), karyawan Anda, atau bahkan mengadakan sesi tanya jawab. Dari situ lah pelanggan dapat mengenal Anda lebih dalam.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com