Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Coca-Cola Foundation Gandeng Sejumlah Lembaga untuk Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Kompas.com - 04/06/2024, 20:16 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.comThe Coca-Cola Foundation (TCCF) menggandeng sejumlah lembaga di Indonesia dalam rangka penyediaan air untuk mendukung kebutuhan komunitas lokal.

Salah satu lembaga yang digandeng TCCF adalah Yayasan Obor Tani. Bersama lembaga ini, The Coca-Cola Foundation menjalankan program melindungi air untuk pertanian melalui pembangunan embung (waduk air) sebagai tempat penyimpanan di wilayah Jawa dan Sulawesi.

Coca-Cola ASEAN & South Pacific Water and Climate Director Lynn Hong, mengatakan, The Coca- Cola Foundation mendukung kemitraan terkait air di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara yang memberi manfaat kepada alam dan komunitas.

Baca juga: Paijo Madin Rintis Bisnis Kopi Sekaligus Jaga Kelestarian Mata Air di Lereng Merbabu

 

"Coca-Cola memiliki komitmen kuat bekerja dengan mitra untuk mengatasi tantangan air di Indonesia, menggunakan inovasi, teknologi, dan cara baru pendanaan investasi untuk memajukan keamanan air bagi generasi mendatang,” ujarnya dalam keterangan resmi pekan lalu.

Sementara itu Direktur Eksekutif Yayasan Obor Tani, Pratomo mengatakan sejauh ini sudah ada enam embung yang dibangun guna menampung air yang dibutuhkan untuk pertanian.

"Embung dibangun menggunakan bahan yang tahan lama dan fleksibel yang bertindak sebagai pelindung kedap air, secara efektif mengurangi kehilangan air yang sering terjadi karena rembesan di embung," kata Pratomo.

Selain menggandeng Yayasan Obor Tani, The Coca-Cola Foundation juga menggandeng USAID melalui USAID IUWASH PLUS menjalankan program Master Meter.

Program tersebut dijalankan untuk memastikan akses ke air bersih bagi komunitas di Medan dan Surabaya.

Program ini berfokus pada pemanfaatan meteran komunal untuk air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah, serta mendukung pengembangan sistem ini untuk membantu mengelola dan mendistribusikan air bersih.

Baca juga: Pembudidaya Ikan Air Tawar Kini Didukung Berbagai Akses Pembiayaan

 

 

Deputy Chief of Party USAID IUWASH Alifah Sri Lestari, mengatakan bahwa akses ke air berkualitas sangat terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan sosial suatu negara.

"Dukungan kami untuk program Master Meter mencontohkan strategi kunci untuk mengatasi tantangan pasokan air bersih dan sanitasi di masyarakat berpenghasilan rendah, membantu misi pemerintah untuk mempercepat distribusi air bersih di Medan dan Surabaya dan menyediakan solusi yang efektif,” jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com