Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tiga Manfaat Memiliki Perencanaan Marketing yang Detail

Kompas.com - 05/06/2024, 14:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap bisnis tentu memiliki strategi marketing yang diterapkan agar nantinya produk dapat terjual dan menyasar pada target yang tepat. Saat ini, banyak pebisnis yang juga memanfaatkan media sosial sebaik-baiknya untuk mempromosikan produk mereka. 

Akan tetapi, tidak semua strategi marketing dapat berjalan mulus sesuai yang diharapkan. Terkadang, ada marketing yang tidak membuat orang tertarik untuk membeli produkmu. Maka dari itu, perlu rencana marketing cadangan untuk mengatasinya. 

Nah, agar kamu memiliki daftar rencana marketing yang tersusun rapi, kamu perlu membuat perencanaan marketing. Perencanaan ini juga harus dibuat secara detail agar tidak membingungkan kamu dan tim marketing lainnya. 

Baca juga: Punya Bisnis Rumahan? Ini Tips Perencanaan Marketing yang Bisa Dicoba

Selain itu, ada manfaat lain yang bisa kamu rasakan dari pembuatan rencana marketing yang detail. Kamu bisa menyimak hal ini lebih lanjut dalam artikel berikut yang sudah dilansir dari berbagai sumber.

Kesempatan untuk Berhasil Lebih Besar

Jika marketing tanpa perencanaan detail sudah gagal, apalagi yang tidak membuat perencanaan dengan detail. Oleh karena itu, untuk memperluas peluang keberhasilan marketing, kamu perlu membuat perencanaan secara detail. 

Perencanaan secara detail ini bisa digunakan untuk jangka panjang. Karyawan atau tim marketing bisnismu akan merasa lebih terbantu dengan adanya perencanaan yang detail. Bahkan, jika nantinya kamu merekrut karyawan baru, mereka akan lebih cepat beradaptasi. 

Baca juga: Ini 4 Tahapan Marketing yang Harus Diketahui Pebisnis Pemula

Lebih Fokus pada Target Pasar

Ketika menyusun perencanaan marketing yang detail, kamu pasti juga memperhatikan aspek target pasar. Dengan cara ini, kamu akan lebih mengulik target pasar yang ingin dicapai dan membuat berbagai rencana yang tepat sasaran untuk mencapainya. 

Selain itu, karyawan atau tim marketing mu juga akan lebih terfokus pada persoalan target pasar. Mereka akan memberikan lebih banyak masukan terkait strategi promosi yang sesuai. Hal ini bisa melatih fokus tim marketing mu dan membuat mereka bekerja lebih maksimal. 

Nantinya, jika tim marketing mu berhasil untuk fokus pada target pasar dan bekerja secara maksimal, besar kemungkinan strategi marketing mu akan berhasil. Jadi, buatlah perencanaan yang detail agar hasilnya juga bisa maksimal. 

Baca juga: Punya Bisnis Rumahan? Ini Tips Perencanaan Marketing yang Bisa Dicoba

Memupuk Komitmen Antar Karyawan

Tidak hanya manfaat secara eksternal, perencanaan marketing yang detail juga membawa manfaat bagi internal bisnis. Perencanaan marketing yang detail tentu membutuhkan masukan dan pendapat dari berbagai pihak. 

Oleh karena itu, pembahasan perencanaan marketing yang detail akan membantu para karyawan menggali ide-ide secara lebih maksimal. Mereka pun akan saling menimpali pendapat satu sama lain dan memberi ide alternatif jika diperlukan. 

Dengan cara ini, karyawanmu akan saling bekerja sama satu sama lain. Komitmen mereka pun akan terus bertumbuh seiring berjalannya diskusi. Hal ini juga bisa meningkatkan rasa optimis diantara karyawanmu terhadap hasil marketing nantinya. 

Baca juga: Tiga Tantangan yang Kerap Dihadapi oleh Tim Marketing Bisnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com